Beranda Hukum Kriminal Modus Pecahkan Kaca Mobil dan Gembosi Ban, Komplotan Pencuri Ini Sudah Sering...

Modus Pecahkan Kaca Mobil dan Gembosi Ban, Komplotan Pencuri Ini Sudah Sering Beraksi di Lampung

166
BERBAGI
Tersangka Ismaili, Budi, dan Fany -- komplotan pencuri jaringan umsel bermodus pecahkan kaca mobil, gembosi ban, dan pintu goyang -- saat ekspose kasus di Polda Lampung Rabu (26/4/2017).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Lampung, Kombes Pol Heri Sumarji mengatakan, tersangka Ismail alias Ari, Budi, dan Fany kerap mencuri dengan modus pecah kaca, gembos ban, dan pintu goyang di beberapa tempat kejadian perkara (TKP) di Bandarlampung dan Lampung Selatan. Mereka komplotan pencuri jaringan Palembang.

“Tersangka Ismail dan Budi  adalah jaringan pencurian asal Lubuk Linggau, Sumatera Selatan,”ujarnya, Rabu (26/4/2017).

Menurutnya, untuk memudahkan aksinya, tersangka Ismail dan Budi datang ke Bandarlampung menemui tersangka Fany.

“Otak pelaku pencurian ini adalah Ismail, tersangka merupakan residivis kasus pencurian modus pintu goyang pada tahun 2012 silam,”ungkapnya.

BACA: Polda Lampung Ringkus Komplotan Pencuri Spesialis Pecah Kaca, Gembosi Ban, dan Pintu Goyang

Heri Sumarji mengutarakan, saat menjalankan aksinya, para tersangka keliling bandarlampung dengan mengendarai sepeda motor mencari sasaran korbannya. Target sasaran pencuriannya, mobil yang terparkir di pinggir jalan. Sasaran pencurian lainnya adalah, korban yang baru mengambil uang dari Bank dan ATM.

“Saat menjalankan aksinya, tersangka Ismail Cs membawa senjata tajam dan mereka tidak segan-segan untuk melukai jika korbannya teriak dan melawan,”terangnya.

Berdasarkan catatan kepolisian, kata Heri Sumarji, aksi pencurian modus pecah kaca, gembos ban dan pintu goyang yang dilakukan Ismail Cs, ada tiga TKP di wilayah Bandarlampung dan satu TKP di Lampung Selatan. Pihaknya menduga, aksi pencurian yang dilakukan tersangka Ismail Cs tersebut lebih dari tiga TKP.

“Petugas masih mendalami kasusnya, untuk mencari adanya TKP lain yang dilakukan para tersangka,”jelasnya.

Petugas Subdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Lampung, meringkus tiga tersangka spesialis pencurian modus pecah kaca, gembos ban dan pintu goyang. Polisi menangkap para tersangka, pada waktu dan tempat berbeda.

Ketiga tersangka yang ditangkap tersebut adalah, Ismail alias Ari warga Palembang, Sumatera Selatan; Budi Setiawan, warga Jalan Airan, Desa Way Hui, Lampung Selatan dan Fany Saputra, warga Jalan Beringin, Kelurahan Sepang Jaya, Labuhan Ratu, Bandarlampung.

Dari penangkapan ketiga tersangka, petugas menyita barang bukti yang disita, dua unit sepeda motor Yamaha Jupiter BE 8507 RF, sepeda motor Turbo BE 8219 BC, dan dua buah tas wanita.

Loading...