Beranda Teras Berita Mudik Idul Fitri 2014: Kapolri Puas Lihat Kesiapan Manajemen Pelabuhan Bakauheni Layani...

Mudik Idul Fitri 2014: Kapolri Puas Lihat Kesiapan Manajemen Pelabuhan Bakauheni Layani Penumpang

166
BERBAGI

Zaenal Asikin/Teraslampung.com



BANDAR LAMPUNG – Untuk mengecek kesiapan moda transportasi di jalur penyeberangan Bakauheni—Merak menghadapi arus mudik Lebarn 2014, Kapolri Jendral Sutarman melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Bakauheni, Kamis (24/7).

“Pada masa mudik Lebaran tahun ini mudah-mudahan menjadi lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kini dermaga yang dipakai ada eanam, sementara tahun lalu hanya 4 dermaga yang difungsikan, “kata Sutarman.

Usai meninjau Pelabuhan Bakauheni, Sutarman mengaku puas karena semua insfrastruktur di pelabuhan sudah siap untuk melayani para pemudik yang memanfaatkan kapal di jalur penyeberangan di Selat Sunda itu.

“Semuanya saya lihat sudah dipersiapkan dengan baik. Baik itu menyangkut infrastruktur maupun pengaman. Mudah-mudahan semuanya lancar dan tidak ada masalah,” kata dia.

Dengan kapal roll on roll off (roro) atau kapal fery sebanyak 27, kata Sutarman akan dapat sedikit mengurangi lonjakan yang akan terjadi. “PT ASDP memiliki 43 kapal roro , yang bisa dioperasikan hanya 27 kapal dan memang itu maksimal. Karena kalau dioperasikan sebayan 43 kapal, akan juga tetap terjadinya penumpukan karena akan ada bongkar muat dipelabuhan,” kata dia.

Sutarman menilai sistem manajemen ASDP di Pelabuhan Merak dan Bakauheni sudah sangat baik. Dengan bantuan dan koordinasi dengan aparat Kepolisian, TNI AD, TNI AL, maupun aparat Pemda diharapkan arus lalu lintas selama masa mudik Lebaran akan lancar.

“Diharapkan tidak akan terjadiantrian dan kemacetan di H-2 dan H-1 nanti,” ujarnya.

Sementara untuk pengaman pada daerah-daerah yang dianggap rawan, Jendral Sutarman meminta kepada aparat kepolisian terus melakukan  penjagaan dan pemantauan. Selain mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu linta, diharapkan aparat keamanan juga bisa mengantisipasi terkadinya aksi kriminalitas di sekitar pelabuhan dan jalan yang dilalui para pemudik.

“Di beberapa daerah perlu ditempatkan beberapa personel dan kelengkapannya, mobil derek dan lain lain harus disiapkan. Di Jalan Lintas Timur yang rawan pada malam hari, kami membuat  beberapa pos keamanan dan patroli mobile. Kapolda Lampung juga sudah menyiapkan jajarannya untuk untuk melakukan pengawalan para pemudik yang akan melakukan  perjalan pada malam hari di Jalintim, Jalinteng, dan Jalinbar,”kata Kapolri.

Loading...