Beranda Teras Berita Mudik Idul Fitri, Kendaraan Pemudik Mulai Melintasi Jalur Puncak-Cianjur

Mudik Idul Fitri, Kendaraan Pemudik Mulai Melintasi Jalur Puncak-Cianjur

344
BERBAGI
Jalur Puncak Pass, Jawa Barat (dok bisnis)

CIANJUR, Teraslampung,com — Sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, mulai dilalui kendaraan pemudik yang didominasi jenis roda dua dengan jumlah yang cukup tinggi setiap menitnya.

Pantauan di jalur Puncak-Cianjur, Sabtu (11/8), ratusan kendaraan roda dua dengan ciri khas mudik terlihat meningkat menjelang sore hingga dini hari.

Sebagian besar pemudik bergerak secara berkelompok dengan tujuan berbagai wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

“Kami hendak pulang ke Pekalongan dan beberapa orang teman ada yang mudik ke Garut, Tasik dan Banjar. Karena satu tempat kerja kami setiap tahunnya mudik bersama-sama, untuk tahun ini jumlah rombongan mencapai 123 sepeda motor,” kata Adhi Supriyadi (39) pemudik dengan tujuan Pekalongan, Jawa Tengah.

Dia menuturkan, setiap tahun tepatnya menjelang Lebaran, perusahaan tempatnya bekerja telah meliburkan karyawan seminggu menjelang dan kembali masuk hari ketiga setelah hari raya. Sehingga mereka memilih mudik mengunakan sepeda motor, selain menghindari macet, dapat leluasa ketika hendak kembali keperantauan.

“Ada juga yang punya mobil, tapi setiap tahun sudah biasa pakai motor ya mudiknya pasti pakai motor, biasanya mobil sudah berangkat dua minggu sebelum mudik ke kampung halamannya masing-masing,” kata dia, seperti dikutip Antara.

Sementara meningkatnya kendaraan dengan ciri khas mudik jenis roda empat, ungkap sejumlah petugas di pos pam di Jalur Puncak hingga Citarum, mulai terlihat meningkat sejak dua hari terkahir, tepatnya ketika dini hari menjelang.

Meskipun jumlahnya masih dalam hitungan jari, namun petugas memperkirakan volume kendaraan pemudik akan meningkat Minggu dini hari.

“Sudah cukup meningkat dibandingkan hari sebelumnya. Jumlah kendaraan roda empat dengan ciri khas mudik, terlihat bergerombol menjelang dini hari menuju arah Bandung,” kata Asep petugas di pos Pam Citarum.

Asep  menuturkan, untuk memberikan pelayan bagi pemudik yang melintas pihaknya menyiapkan tempat istirahat bagi pemudik yang membutuhkan, terutama pemudik dengan kendaraan roda dua.

“Selain di Pos Pam, masing-masing polsek di jalur utama Puncak-Cianjur, menyediakan tempat yang sama, agar pemudik tidak kesulitan mencari tempat istirahat sebelum melanjutkan kembali perjalanan,” katanya.


katakini.com

Loading...