Beranda News Lampung Mudik Idul Fitri, Polda Lampung Siap Kawal Pemudik dan Kerahkan Penembak Jitu

Mudik Idul Fitri, Polda Lampung Siap Kawal Pemudik dan Kerahkan Penembak Jitu

77
BERBAGI
Brigjen Ike Edwin

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin mengatakan 5.000  personel gabungan nantinya akan ditempatkan di tiga jalur yang akan dilalui pemudik Idul Fitri 1437 H. Yaitu di Jalan Lintas Timur (Jalintim), Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) dan Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera wilayah Lampung. Setiap Polsek yang dilalui di jalur tersebut, menjadi pos pengamanan (Pospam) dan pos pelayanan (Posyan) untuk operasi kemanusiaan ini.

“Selain ribuan personel tersebut, kami juga sudah tempatkan pasukan khusus penembak jitu (sniper). Pasukan sniper ini, ditempatkan di wilayah yang rawan ancaman ganguan kamtibmas,” kata Ike,usai apel pasukan pengamanan mudik, di Lapangan Mapolda Lampung, Kamis (30/6/2016).

Untuk pengamanan di tempat-tempat wisata, menurut Ike, pihaknya mengerahkan personep dari dari Polres/Polresta, Polsek, dan instansi terkait lainnya.

Dikatakannya, selain kesiapan para personel pengamanan Lebaran, disiapkan juga sarana pendukung berupa posko pengamanan (Pospam) dan pos pelayanan (Posyan). Ada juga pos-pos dari satuan-satuan lain, baik itu dari Dishub, BPBD, Jasaraharja dan Dinas Kesehatan.

Selain Satgas Operasi Ramadhanya Krakatau 2016, untuk membantu pengamanan dan kenyamanan pemudik juga telah disiapkan satgas lain. Misalnya Satgas Bencana Alam, Satgas Anti Kejahatan Tinggi, dan Satgas Kontijensi.

“Beberapa gangguan kamtibmas tetap menjadi perhatian serius. Seperti aksi pencurian kendaraan bermotor, pencurian di rumah kosong, pencurian dengan kekerasan, serta aksi sweeping,”tegasnya.

Ike mengingatkan para pemudik baik jangan ugal-ugalan di jalan. Jika di perjalanan mengantuk, pilih tempat yag nyaman dan aman untuk beristirahat. Antara lain di Pospam dan Posyan yang sudah disiapkan.

Ike menegaskan, jika pemudik perlu dilakukan pengawalan, pihaknya sudah menyiapkan personel untuk melakukan pengawalan.

Ike berharap selama Operasi Ramadhanya Krakatau 2016 ini tercipta kondisi kamtibmas yang mantap, menurunnya kriminalitas,  dan terwujudnya kamseltibcar lantas dengan indikator berkurangnya angka kecelakaan lalu lintas, korban meninggal dunia, titik kemacetan dan lancarnya arus lalulintas.

“Saya ucapkan kepada warga masyarakat lampung selamat mudik untuk warga lampung, baik itu yang mau keluar dan yang akan datang ke Lampung,” katanya.