Beranda News Nusantara Mudik Idul Fitri, Tol Kayuagung – Palembang – Betung Resmi Dibuka

Mudik Idul Fitri, Tol Kayuagung – Palembang – Betung Resmi Dibuka

307
BERBAGI
Jalan Tol Kayu Agung-Palembang(Kompas.com/ERWIN HUTAPEA)
Jalan Tol Kayu Agung-Palembang(Kompas.com/ERWIN HUTAPEA)

TERASLAMPUNG.COM — Jalan Tol Trans Sumatera (JJTS) ruas Kayuagung-Palembang-Betung (Kapalbetung) pada  Rabu 29 mei 2019, rencananya resmi dibuka secara fungsional untuk menampung pemudik Lebaran 2019.

“Tol ini akan kita fungsikan dan sangat layak dilalui,” kata Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, di sela-sela meninjau langsung kesiapan tol menjelang puncak arus mudik 2019, Selasa, 28 Mei 2019.

Didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial, Gubernur dan rombongan menyusuri ruas jalan utama yang dimungkinkan akan dilewati pemudik menjelang dan pasca Lebaran 2019 mendatang. Dimulai dari kawasan Jakabaring, dilanjutkan dengan meninjau exit tol Kapalbetung Km 0 di Desa Celikah Kecamatan Kota Kayu Agung Kabupaten OKI.

Dalam tinjauannya ke ruas tol Kapalbetung tersebut Gubernur juga mengecek sejumlah fasilitas pendukung yang ada di kawasan rest area seperti toilet dan mushola. Kenyamanan pemudik akan diberikan semaksimal mungkin, seperti penyediaan rest area, toilet, tempat ibadah dan SPBU portable.

Menurut Gubernur Herman, ruas Kapalbetung ini diprediksi akan ramai digunakan pemudik yang hendak lebaran di kampung halaman. “Besok kita softlaunching,” kata dia.

Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnain Adinegara menjelaskan, tol Kapalbetung akan menjadi pilihan pemudik karena bisa memangkas waktu dan jarak tempuh hingga 50 persen. Jika lewat tol estimasi jarak tempuh Palembang -Desa Celikah Kecamatan Pematang Panggang Kabupaten OKI memakan waktu kurang lebih 30 menit sedangkan lewat jalan nasional bisa mencapai 2 jam.

“Kami juga siagakan personel keamanan,” katanya.

Tempo.co

Loading...