Beranda News Nasional Mudik Lebaran 2019, PT ASDP Kerahkan 64 Kapal di Bakauheni-Merak

Mudik Lebaran 2019, PT ASDP Kerahkan 64 Kapal di Bakauheni-Merak

1461
BERBAGI
Aktivitas Pelabihan Bakauheni pada Senin, 27 Mei 2019 (Foto: Teraslampung.com/Zainal Asikin)
Aktivitas Pelabihan Bakauheni pada Senin, 27 Mei 2019 (Foto: Teraslampung.com/Zainal Asikin)

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN-PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT. ASDP) cabang Bakauheni, memastikan sebanyak 64 Kapal Motor Penumpang (KMP) dari jumlah 68 unit KMP yang beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni siap untuk melayani para pemudik saat arus mudik lebaran 1440 H. Ke-64 kapal itu sudah dinyatakan memenuhi persyaratan keselamatan kapal dan laik laut.

BACA: Sistem Ganjil-Genap Berlaku Mulai Kamis, Ini Jadwalnya

“Dari 64 unit KMP tersebut, ada 30 sampai 35 unit KMP yang beroperasi setiap harinya menghadapi arus mudik dan balik lebaran 2019 ini. Layanan kapal tersebut, didukung dengan 6 dermaga sandar, termasuk di dermaga eksekutif,” kata Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT ASDP) cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap,  Senin (28/5/2019).

Semua kapal motor penumpang (KMP) yang beroperasi di Pelabuhan Merak-Bakauheni, kata Saiful, secara umum kondisinya cukup baik dan siap untuk melayani angkutan laut bagi para pemudik.

“Uji Petik kapal sudah dilakukan, hal ini untuk memastikan sarana dan prasarana transportasi laut termasuk ABK dalam kondisi baik. Selain itu juga, mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya saat masa angkutan lebaran,”ungkapnya.

Dikatakannya, saat terjadinya peak season atau lonjakan kendaraan dan penumpang, pihaknya akan memprioritaskan kapal-kapal besar.

Tempat membeli tiket di Pelabuhan Bakauheni (Foto: Teraslampung.com/Zainal Asikin)

“Selain armada kapal, berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan, keamanan dan kelancaran bagi para pemudik telah kita siapkan,”terangnya.

Selanjutnya untuk mendukung kelancaran operasional dan pelayanan di Pelabuhan Bakauheni, pihaknya akan menambah jumlah loket tiket kendaraan dan penumpang. Hal ini dilakukan, karena menyusul jumlah pemudik yang diprediksikan akan mengalami peningkatan sekitar 5 persen pada arus mudik lebaran tahun 2019 ini.

BACA: ASDP Siapkan Bus Jurusan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni-Rajabasa

“Untuk loket tiket penumpang pejalan kaki, saat ini ada sekitar 10 loket tiket, loket tiket kendaraan roda dua ada 15 dan loket tiket kendaraan roda empat ada 19. Semuanya itu, akan dibuka untuk melayani para pemudik,”bebernya.

Saiful menambahkan, tiket penumpang dan kendaraan golongan IV, pembayarannya menggunakan uang elektronik atau e-ticket. Sedangkan untuk tiket kendaraan golongan V keatas, pembayarannya masih menggunakan uang tunai.

“Meski demikian, kami juga menyiapkan loket pembelian tiket secara manual sebagai antisipasi jika ada gangguan pada mesin EDC (Electronic Data Capture),”pungkasnya.

Loading...