Beranda News Mudik Lebaran, Macet Parah di Pintu Tol Brebes Hingga Jelang Subuh

Mudik Lebaran, Macet Parah di Pintu Tol Brebes Hingga Jelang Subuh

60
BERBAGI
Kemacetan parah di tol Brebes ke arah Pemalang pada Selasa maalam (2/7).Kemacetan terjadi hingg Rabu pagi (3/7). Foto" dok detik.com

TERASLAMPUNG.COM — Ruas pintu Tol Brebes Timur Exit atau Brexit di Kabuaten Brebes, Jawa Tengah, macet parah sejak Sabtu dinijari  (2/7) hingga menjelang subuh, Minggu  (3/7).

Kemacetan disebabkan sistem buka tutup akses keluar tol di Brebes Timur, Tegal dan Pemalang, tidak berjalan normal. Titik temu arus kendaraan dari tol Brebes-Pemalang dengan kendaraan dari pantura membuat kemacetan makin parah.

Akibat kemacetan itu, perjalanan di jalan tol baru di ruang Tanjung sampai Brebes yang berjarak 25 km harus ditempuh 7 jam.

Karena terlalu lama jalan tersendat lantararan macet, banyak pemudik khawatir akan kehabisan bensin. Apalagi di rest area di sekitar lokasi tidak  SPBU.

Kemacetan parah di wilayah Brebes tak berhenti setelah lepas Tol Brexit. Sebab usai keluar tol, pengendara harus mengikuti pengalihan arus untuk memutari Kota Brebes sebelum masuk ke wilayah Pantura. Kondisinya pun macet cukup parah.

“Kejebak macet parah di pintu keluar Tol Brebes Timur. Persiapkan BBM yang cukup, nggak ada pompa bensin di rest area,” ujar salah seorang pemudik, Indra, memberi imbauan, Minggu (3/7/2016) sekira pukul 02.40 WIB.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Arfan Zulkan Sipayung mengamini bahwa di sekitar pintu keluar Tol Brexit tidak tersedia SPBU. Antrean di lokasi pun masih cukup panjang.

“Rest areanya (di pintu Tol Brexit) hanya rumah makan. Kalau SPBU adanya setelah perbatasan Brebes dan Tegal Kota,” jelas Arfan kepada detikcom, Minggu (3/7).

Kondisi ini cukup mengkhawatirkan terutama bagi pemudik yang memiliki persedian BBM tipis. Kemacetan panjang dan tak adanya SPBU tentu saja dapat membuat kendaraan pemudik mogok.

Dewira/dbs/detik.com