Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara MUI Lampung Utara akan Berjuang RUU HIP Dicabut

MUI Lampung Utara akan Berjuang RUU HIP Dicabut

302
BERBAGI
‎Ketua MUI Lampung Utara, Mughofir
‎Ketua MUI Lampung Utara, Mughofir

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Majelis Ulama Indonesia Lampung Utara akan berjuang semaksimal mungkin supaya Rancangan Undang – Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dapat dicabut oleh DPR RI. RUU HIP dianggap berpotensi merusak kemurnian Pancasila.

“MUI Lampung Utara dengan tegas menolak RUU HIP,” kata Ketua MUI Lampung Utara, Mughofir usai mengikuti aksi unjuk rasa‎ di gedung DPRD Lampung Utara, Rabu (8/7/2020).

‎Menurut Mughofir, pihaknya bersama elemen lainnya akan berusaha sekuat mungkin agar RUU HIP ini dicabut. Jika sampai disahkan menjadi Undang – Undang maka persatuan dan kesatuan bangsa dapat terganggu.

“‎Kami akan berupaya semaksimal mungkin supaya RUU ini dicabut,” tegasnya.

Apa yang dinyatakan Mughofir ini sejalan dengan sikap MUI pusat. Penolakan MUI ini diwujudkan dengan mengeluarkan maklumat. Alasan penolakan dikarenakan RUU itu dianggap akan mendistorsi substansi dan makna nilai-nilai Pancasila sebagaimana yang termaktub dalam Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945.
MUI berpandangan bahwa RUU HIP memeras pancasila menjadi Trisila lalu menjadi Ekasila yakni gotong royong adalah nyata-nyata merupakan upaya pengaburan dan penyimpangan makna dari Pancasila. MUI menilai ada upaya terselubung ingin melumpuhkan keberadaan sila Pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa yang telah dikukuhkan dengan Pasal 29 Ayat (1) UUD Tahun 1945.

RUU HIP juga dianggap akan menyingkirkan peran agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. penyingkiran peran agama ini bentuk pengingkaran terhadap keberadaan Pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 sebagai dasar negara sehingga bermakna pula sebagai pembubaran NKRI yang berdasarkan pada lima sila tersebut.

Loading...