Beranda Politik Pemilu 2019 Mukhlis Basri akan Tingkatkan Ekonomi Umat dengan Optimalkan Peran Masjid

Mukhlis Basri akan Tingkatkan Ekonomi Umat dengan Optimalkan Peran Masjid

127
BERBAGI

TERASLAMPUNG– Calon anggota DPR RI dari PDI P dapil 1 Lampung nomor urut 4 Mukhlis Basri ingin menunjukkan keberpihakannya pada peningkatan ekonomi umat. Salah satunya dengan mengoptimalkan peran masjid.

Mukhlis Basri mengatakan, masjid bisa menjadi media membangun dan memberdayakan ekonomi umat. Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis untuk kemajuan peradaban umat Islam.

“Saya ingin menghidupkan fungsi masjid untuk pengembangan dan pemberdayaan ekonomi umat. Karena belum semua masjid dapat mengembangkan ekonomi umat atau jamaahnya,” kata Mukhlis saat berdiskusi rencana pembangunan masjid Nurulhuda dusun Sukadamai Desa Malangsari kecamatan Tanjungsari, Senin (21/10).

Ia menyebut, sejarah telah membuktikan masjid tak hanya sekadar tempat ibadah tapi juga multi fungsi. Ia mencontohkan ketika Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah, kebijakan Rasulullah yang pertama adalah membangun masjid sebagai tempat ibadah, menguatkan rasa persaudaraan, mendalami ajaran Islam baik dalam segi ibadah maupun muamalah. Namun pada masa kini, banyak masjid berdiri megah nan mewah, namun masih banyak jamaah masjid itu sendiri yang ekonominya jauh dari cukup.

Politikus PDIP ini yang memiliki tagline Aku Bangga Menjadi Anak Petani ini pun akan memperjuangkan program pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid bila diberi amanah menjadi anggota DPR RI. Menurutnya, dengan peran masjid maka bisa memberdayakan majelis taklim dan ibu-ibu pengajian.

“Saya akan usulkan kepada pemerintah daerah untuk memberdayakan majelis-majelis taklim supaya ibu-ibu pengajian juga memiliki ekonomi kuat. Nanti saya suport untuk kegiatan-kegiatan pelatihan wirausaha, koperasi, bantu akses permodalan dan akses market (pasar),” tuturnya..

“Mereka harus diberikan pelatihan untuk bisa membuat kerajinan tangan dan home industri lainnha yang hasilnya dijual. Dengan demikian para anggota majelis taklimnya bisa memiliki penghasilan yang lumayan.,” ujarnya.

Ia optimistis program tersebut dapat berjalan dan berhasil mengembangkan ekonom umat mengingat hampir setiap RW di daerah Lampung memiliki masjid dan majelis taklim. Sehingga ke depannya ekonomi umat bisa lebih terbangun dan berdampak pasa kesejahteraan masyarakat.

sumber: mukhlibasri.id

Loading...