Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat Mukhlis Basri Raih Penghargaan Bidang Kesehatan

Mukhlis Basri Raih Penghargaan Bidang Kesehatan

388
BERBAGI

LIWA–Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri memperoleh Penghargaan Ksatria Bhakti Husada Arutala. Penghargaan  tersebut diserahkan Menteri Kesehatan Dr. Nafsiah Mboi, SpA, M.P.H pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-49
Tahun 2013, di JI EXPO Arena Pekan Raya Jakarta, 15 November 2013.

Penghargaan di bidang kesehatan itu diberikan kepada Bupati Mukhlis Basri karena sebagai kepala daerah dia dinilai berbasil memberikan jaminan kesehatan kepada warga Lampung Barat.

Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sudah memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat. Pelayanan kesehatan gratis diberikan kepada warga Lampung Barat yang memegang Kartu Program Kesehatan Masyarakat Gratis (PKMG).

Program PKMG yang dimulai pada 2009 lalu itu dinilai berhasil menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Mukhlis mengatakan Kartu PKMG merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Lampung Barat kepada masyarakatnya.

“Pokoknya semua warga Lampung Barat yang tidak menjadi peserta Jamkesmas, Jamkesda serta ASKES PNS akan menerima kartu PKMG sehingga masyarakat Lampung Barat tetap berhak mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Pelayanan kesehatan gratis, menurut Mukhlis, berlaku di bidan desa, Puskesmas Pembantu, Puskesdes maupun RSUD,” kata Mukhlis.

Mukhlis mengaku penghargaan di bidang kesehatan itu merupakan milik masyarakat yang telah berpartisipasi aktif mensuskeskan pembangunan kesehatan di bumi “Beguai Jejama Sai Betik”.

“Penghargaan di bidang kesehatan ini telah melalui proses penilaian oleh tim dari Kementerian Kesehatan yang turun ke beberapa lokasi sebagai objek penilaian. Kita semua bersyukur atas prestasi ini,” ujat Kabag Humas dan Protokol Burlianto
Eka Putra.

Tahun ini Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi memberikan penghargaan kepada individu, lembaga, dan mitra yang telah berjasa dalam pembangunan kesehatan.

Selain Mukhlis Basri, ada 3 kepala daerah lain dan seorang ketua penggerak PKK yang mendapatkan Penghargaan Ksatria Bakti Husada Arutala. Yaitu Bupati Sijunjung Drs. Yuswir Arifin, Bupati Kulonprogo Dr. Hasto Wardoyo Sp.OG(K), Walikota Yogyakarta  H. Haryadi Suyuti, dan  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok , Ny. Hj. Erlinda Syamsu Rahim, S.Sos.

Sementara  Bupati Gorontalo David Babihoe Akib dan Walikota  Balikpapan H. Rizal Effendi, SE mendapat Penghargaan Ksatria
Bakti Husada Kartika. (SA)

Loading...