Mulai 2016 PNS Pemprov Lampung Pakai Seragam Putih Hitam. Ini Alasannya

Bagikan/Suka/Tweet:
Wagub Lampung Bachtiar Basri

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Mulai 1 Januari 2016 mendatang, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung akan mengenakan seragam kemeja warna putih dan celana warna hitam. Menurut Wakil Guberur Bachtiar Basri, pemakaian seragam putih hitam seperti yang biasa digunakan oleh Presiden Joko Widodo itu merupakan penerapan Peraturan Mendagri No 68 tahun 2015 tentang Penggunaan Seragam Putih-Hitam.

“Seragam itu juga akan disesuaikan dengan seragam batik khas lampung. Para PNS di Lampung baru akan menggunakan seragam putih-hitam ala Presiden Jokowi pada 2016, karena untuk tahun ini tidak mungkin untuk diterapkan penggunaan seragam tersebut,” kata Bachtiar Basri, Kamis (19/11).

Menurut Wagub, seluruh pegawai harus menyediakan sendiri pakaian putih-hitam sesuai Instruksi Mendagri itu.

“Banyak yang harus dipersiapkan lagi terkait penggunaan seragam baru, seperti melaksanakan revisi peraturan gubernur termasuk sosialisasi lebih luas kepada PNS,” kata Wagub.

Permendagri 68 Tahun 2015 merupakan perubahan kedua atas Permendagri Nomor 60 Tahun 2007 setelah sebelumnya dirubah dengan Permendagri Nomor 53 Tahun 2009. Perubahan yang sangat mencolok dari Permendagri 68 Tahun 2015 adanya tambahan jenis Baju PDH PNS yang dipakai oleh PNS Kemendagri dan PNS Pemerintah daerah (PEMDA). Tambahan Pakaian Dinas Harian tersebut berupa PDH Kemeja Putih dan celana/rok warna hitam atau gelap.

Sesuai Permendagri No. 68/2015, seragam putih hitam hanya akan dipakai pada setiap hari Kamis. Menurut peraturan tersebut, setiap Senin para PNS di lingkungan Pemda memakai pakaian Linmas, pada Selasa dan Rabu memakai seragam warga khaki, sedangkan pada Jumat mengenakan seragam batik/tenun./kain khas daerah.

E. Fajar/Dewira