Mulai Besok Arab Saudi Izinkan Masuk Jamaah Umrah dari Luar Negeri

  • Bagikan
Jutaan jamaah umrah padati sekitar Kakbah pada untuk menjalankan ibadah umrah pada bulan Ramadan 14338 H (Foto: Gunawan Handoko)

TERASLAMPUNG.COM –– Pemerintah Arab Saudi akan secara bertahap menerima jamaah umrah dari luar negeri terhitung mulai 9 Agustus 2021. Syaratnya, jamaah tersebut harus sudah imunisasi vaksin virus corona.

Pamdemi Covid-19 menyebabkan Arab Saudi tidak menerima  jamaah dari luar negeri yang ingin beribadah di Tanah Suci sejak satu setengah tahun lalu.

Dilansir Tempo dari Reuters, Kantor berita SPA pada Minggu pagi, 8 Agustus 2021 mewartakan kapasitas jamaah umrah akan dinaikkan menjadi 2 juta orang, yang sebelumnya 60 ribu jamaah per bulan. Mekah dan Madinah akan menerima lagi tamu-tamu Allah dari luar negeri dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengatakan jamaah dari dalam negeri dan luar negeri sekarang harus sudah disuntik vaksin virus corona yang dibuktikan sertifikat sudah di vaksin saat menjalani ibadah umrah. Untuk jamaah yang berasal dari daftar zona merah Arab Saudi, akan diminta untuk menjalani karantina mandiri dulu saat tiba di Arab Saudi.

Umrah adalah ibadah mengunjungi dua tempat suci umat Islam yang bisa dilakukan sekali dalam setahun. Sedangkan untuk haji, sudah dua tahun berturut-turut pelaksanaan Ibadah tersebut dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

REUTERS/TEMPO.CO

 

  • Bagikan