Beranda Ruwa Jurai Murid SDN 1 Way Urang Disuntik Vaksin DT/TD

Murid SDN 1 Way Urang Disuntik Vaksin DT/TD

102
BERBAGI
Kepada SDN 1 Way Urang , Kalianda Zaili
Kepada SDN 1 Way Urang , Kalianda Zaili

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

KALIANDA – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Way Urang, Kalianda, memberikan imunisasi Defteri Titanus (DT) dan Titanus Defteri (TD) kepada 318 murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Way Urang, pada kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Koordinator BIAS Puskesmas Way Urang Rusli mengatakan,  sasaran imunisasi adalah murid-murid kelas satu, dua dan tiga di semua Sekolah Dasar (SD) yang berada diwilayah kerja Puskesmas Way Urang.

“Kegiatan bulan imunisasi anak sekolah ini, kami laksanakan selama empat hari yang dimulai dari hari Senin sampai Kamis (27-30/10) mendatang,” ujar Rusli, kepada Teraslampung.com, disela-sela kegiatan BIAS, Senin (27/10).

Diungkapkannya, imunisasi tersebut diberikan kepada murid SD yang disesuaikan dengan usia, untuk murid kelas I vaksin yang diberikan berupa Defteri Titanus (DT), sedangkan untuk murid kelas II dan III diberikan vaksin Titanus Defteri (TD).

“Kegiatan bulan imunisasi anak sekolah  tujuannya untuk memberikan kekebalan terhadap anak sekolah dasar, dengan harapan mereka (murid, red) nantinya tidak akan mudah tertular penyakit,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Way Urang, Kalianda Zaili, S. Pd mengatakan, sebelum dilaksanakannya kegiatan BIAS, pihaknya meyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu, terkait program imunisasi tersebut kepada para orang tua murid melalui surat edaran.

“Diberikannya imunisasi tambahan ini, agar daya tahan tubuh anak kuat hingga bisa membuat kekebalan kelompok. Meski pemberian vaksin ini diperlukan, namun kami selaku pihak sekolah tidak memaksakan si anak untuk mendapatkan imunisasi. Artinya, kalau ada orang tua yang menolak anaknya diberikan imunisasi, itu tidak apa-apa,” terangnya.

Maka dari itu, lanjut dia, pihaknya meminta persetujuan terlebih dahulu kepada para orang tua murid sebelum dilaksanakannya kegiatan BIAS tersebut, melalui surat edaran yang disampaikan kepada para orang tua murid.

“Selain untuk membentuk kekebalan tubuh lewat vaksin, tujuan dari kegiatan BIAS ini juga sebagai upaya penerapan budaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada murid-murid SDN 1 Way Urang,” katanya.

Loading...