Beranda News Kesehatan Musim Penghujan, Dinas Kesehatan Imbau Warga Waspadai Nyamuk Aedes Aegypti

Musim Penghujan, Dinas Kesehatan Imbau Warga Waspadai Nyamuk Aedes Aegypti

190
BERBAGI
Kepala Dinas Kesehatan Lampung, dr. Reihana

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com – Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana, mengimbau masyarakat Lampung mewaswadai perkembangbiakan nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD),  Aedes Aegypti.

“Seiring dengan dimulainya musim penghujan, risiko terjadinya kasus DBD semakin meningkat. Hal ini disebabkan makin banyaknya genangan air bersih yang merupakan tempat induk nyamuk Aedes aegypti, vektor pembawa virus dengue,”  kata Reihana, Rabu (6/1/2016).

Menurut Reihana, dalam rentang 2010-2015, kecenderungan kasus DBD tertinggi terjadi pada bulan Januari. Sebab itu, Reina mengimbau  masyarakat  mewaspadai penyakit DBD

Demam berdarah (DB) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang menular dan masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk  Aedes aegypti atau Aedes albopictu.

“Aedes aegypti adalah vektor yang paling banyak ditemukan menyebabkan penyakit ini). Nyamuk dapat membawa virus dengue setelah menghisap darah orang yang telah terinfeksi virus tersebut,” katanya.

Loading...