Beranda Ekbis Bisnis MV CMB Chikako, Kapal Asing Perdana 2020 Sandar di Pelabuhan Panjang

MV CMB Chikako, Kapal Asing Perdana 2020 Sandar di Pelabuhan Panjang

177
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Kapal berbendera Panama CMB Chikako menjadi kapal asing pertama di tahun 2020, yang bersandar di Pelabuhan Panjang, Lampung. Kapal tersebut sandar di Pelabuhan Panjang pada Jumat, 3 Januari 2020.

Kedatangan kapal MV. Chikako di Pelabuhan Panjang disambut oleh KSOP Panjang, Andi Hartono dan Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Popik Montanansyah serta DGM Teknik dan SI IPC Panjang, Ibnu Hajar.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, Andi Hartono mengatakan, kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Port Klang Malaysia ini memuat Palm Kernel Eksemplar (PKE) seberat 23.700 Ton yang selanjutnya akan diberangkatkan menuju Amsterdam, Belanda.

“Ini merupakan hal yang sangat menggembirakan di mana di awal tahun baru 2020 ini, Pelabuhan Panjang disandari oleh kapal asing MV. Chikako yang mengangkut kru kapal sebanyak 21 orang berkewarganegaraan Filipina untuk memuat hasil pribumi yaitu PKE, turunan dari Kelapa Sawit,” ujar Andi Hartono, Jumat (3/1/2020).

“Setelah memuat PKE, kapal dengan tahun pembuatan 2014 tersebut akan diberangkatkan menuju Amsterdam Belanda,” imbuh Andi.

Penyambutan kapal asing pertama yang sandar di Pelabuhan Panjang, Bandarlampung, Jumat (3/1/2020).
Penyambutan kapal asing pertama yang sandar di Pelabuhan Panjang, Bandarlampung, Jumat (3/1/2020).

Andi berharap ke depan semakin banyak kapal-kapal yang akan memuat hasil pribumi untuk keperluan ekspor bersandar di Pelabuhan Panjang. Sebab, Pelabuhan Panjang, diakuinya, memiliki potensi yang besar untuk bongkar muat dan sarana dan prasarananya mumpuni.

“Pelabuhan Panjang mampu disandari oleh kapal-kapal besar, sarana dan prasarananya juga sudah mumpuni untuk melakukan bongkar muat dan yang pasti ketepatan pelayanan sudah dapat terukur karena kami sudah memanfaatkan inaportnet untuk pelayanan kapal masuk dan keluar pelabuhan,” katanya.

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaBPBD Jakarta: 12 Ribu Korban Banjir Masih Mengungsi
Artikel berikutnyaDidik Djibran, Lurah Pencipta Aplikasi Penerjang Jalan Terjal 
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya