Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Nanang Ermanto Lantik Enam Kades Terpilih Gelombang III di Kecamatan Sidomulyo

Nanang Ermanto Lantik Enam Kades Terpilih Gelombang III di Kecamatan Sidomulyo

129
BERBAGI

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN-Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto melantik enam Kepala desa (Kades) terpilih hasil Pilkades serentak gelombang III di Kecamatan Sidomulyo. Pelantikan tersebut, dipusatkan di Lapangan Sepakbola Dusun Sidosari, Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Rabu (4/9/2019).

Enam Kepala desa (Kades) yang dilantik tersebut adalah, Misiran Sanjaya sebagai Kades Sidomulyo, Sigig Edi Lukman sebagai Kades Sidodadi, Achmad Subari sebagai Kades Seloretno, Sidiantori sebagai Kades Sukamarga, Ahmadi sebagai Kades Talangbaru dan Juli Wahyudin sebagai Kades Suak.

Pantaun teraslampung.com di lokasi, warga begitu antusias menunggu kehadiran Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto untuk melantik Kepala desa mereka. Ribuan masyarakat dari masing-masing desa yang Kepala desanya akan dilantik mememunuhi area Lapangan Sepakbola di Dusun Sidosari, Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo sebagai pusat pelantikan.

Beberapa kesenian daerah turut ditampilkan untuk memeriahkan acara tersebut, seperti kesenian daerah dari Sumatera Barat yakni “Tambur” dari Desa Sidodadi, lalu Reog Ponorogo “Singo Panji Mulyo” dari Desa Sidowaluyo, Pencak Silat dari Kampung Umbul Duren Desa Seloretno dan kesenian daerah lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi PKS, Antoni Imam, lalu anggota DPRD Lampung Selatan yakni Agus Sartono dari Fraksi PAN, Malik Ibrahim dari Fraksi Gerindra dan Sutaji dari Fraksi PKB.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan, Winarni Nanang Ermanto bersama para pejabat utama Pemkab Lampung Selatan dan Forkopimcam Sidomulyo, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta ribuan masyarakat setempat.

Selain melantik enam Kades terpilih, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan, Winarni Nanang Ermanto mengukukuhkan enam Ketua Tim Penggerak PKK Desa dari Kecamatan Sidomulyo yakni Tri Handayani sebagai Ketua TP PKK Desa Sidomulyo, Nur Susilwati sebagai TP PKK Desa Sidodadi, Lisa Yunita sebagai Ketua TP PKK Desa Seloretno, Desiyana sebagai Ketua TP PKK Desa Sukamarga, Yuliana sebagai Ketua TP PKK Desa Talangbaru dan Erna Cahyaningsih sebagai Ketua TP PKK Desa Suak.

Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Kades yang baru saja dilantik. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kades lama yang sebelumnya menjabat dan para pejabat di Desa yang telah menyesukseskan Pilkades serentak beberapa waktu lalu.

Orang nomor satu di Lampung Selatan ini kembali berpesan, agar Kades yang baru dilantik dapat merangkul semua komponen masyarakat di desanya untuk dapat bersatu kembali untuk membangun desa dengan kebersamaan bergotong-royong, melupakan segala perbedaan pada saat Pilkades serta menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif.

“Saya lihat kok pak Kades ini gak ada senyumnya sama sekali ya?, padahal kan sudah dilantik. Apa masih memikirkan semasa di Pilkades,”seloroh Nanang yang langsung disambut tawa oleh semua masyarakat dan tokoh yang hadir di acara pelantikan tersebut.

“Sekarang sudah dilantik, saya berharap hilangkan semua rasa dendam dan kebencian. Jadi sudah tidak ada lagi tim sukses-tim suksesan. Semua masyarakat yang ada di Desa anak-anak dari Pak Kades semua, janganlah dibeda-bedakan meskipun tadinya berbeda padangan atau pilihan. Rangkul semua elemen masyarakat untuk bersama-sama membangun desa, guna tercipta desa yang maju dan masyarakat sejahtera,”ujarnya.

Nanang juga berpesan kepada tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, hilangkan prasangka buruk terhadap Kepala desa dan pemerintah desa

“Mari kita duduk dan berdiskusi bersama bagaimana memecahkan permasalahan di desa guna terwujudnya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,”ungkapnya.
Bahkan Nanang juga sedikit menceritakan, sebelum menjabat sebagai Plt Bupati Lampung Selatan, dirinya juga pernah menjabat sebagai Kades Way Galih selama dua periode. Tidak hanya itu saja, bahkan istrinya juga sempat merasakan sebagai Kades di tempat yang sama.

“Saya paham dan ngertilah soal itumah, kan saya juga dulu mantan Kades dua periode. Jadi saya tahu bener bagaimana isinya Kepala Desa. Untuk Kades yang sudah lama menjabat, jangan mengajari Kades baru yang tidak-tidak, harus diayomi supaya desanya bisa maju,”ucapnya.

Nanang juga mengingatkan kepada Ketua TP PKK Desa yang baru saja dikukuhkan, agar bisa membantu tugas-tugas suaminya sebagai Kepala Desa atau pemerintahan di Desa. Kesuksesan Kades ada sosok wanita dibelakangnya, oleh karena itu tingkatkan pembinaan terhadap desa khususnya PKK.

“Mari sama-sama kita bangun Lampung Selatan supaya lebih baik dan lebih maju lagi, jalankan amanah dengan baik dan selalu koordinasi dengan Kecamatan serta pihak keamanan TNI-Polri. Selamat bekerja dan semoga amanah,”pungkasnya.

Sementara Kades Sidodadi, Sigig Edi Lukman mengatakan, dirinya akan memaksimalkan kinerjanya sebagai Kepala Desa baru terpilih untuk membangun Desa Sidodadi supaya lebih maju dan berkembang. Tidak hanya itu saja, dirinya juga akan membuat terobosan baru seperti adanya pengadaan ambulan desa dan adanya website desa guna terciptanya keterbukaan informasi publik.

“Jabatan Kades yang saya emban ini adalah amanah dan titipan sementara dari semua masyarakat Desa Sidodadi, jadi hilangkan rasa perbedaan meski tadinya berbeda padangan atau pilihan. Ayo sama-sama kita bangun Desa Sidodadi, supaya lebih maju dan masyarakat sejahtera,”ungkapnya.

Di sisi lainnya yakni Kades Talangbaru, Ahmadi menuturkan bahwa dirinya akan terus memaksimalkan dan meningkatkan kinerjanya di periode kedua kepemimpinannya sebagai Kepala Desa.

“Akan saya tingkatkan lagi di jabatan periode kedua ini, terutama di bidang pemberdayaan masyarakat serta inovasi-inovasi kreatif atau UMKM yang ada desanya,”ucapnya.

Loading...