Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Nanang Salurkan Bantuan Stimulus kepada 473 Pelaku UMKM di Dua Tempat

Nanang Salurkan Bantuan Stimulus kepada 473 Pelaku UMKM di Dua Tempat

895
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali menggulirkan bantuan stimulus kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Kamis (24/9/2020).

Salah satunya adalah bantuan langsung tunai bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Bantuan sebesar Rp2 juta ini diterima para pelaku UMKM langsung ke rekening masing-masing melalui perbankan yang telah ditunjuk pemerintah.

Kali ini bantuan stimulus bagi pelaku UMKM diberikan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto kepada 473 pelaku UMKM dari 9 kecamatan yang dibagi dua tempat.

Lokasi pertama bertempat di PAUD Aisyiyah Desa Sukabakti, Kecamatan Palas. Dilokasi ini Nanang menyerahkan secara simbolis bantuan stimulus kepada 264 pelaku UMKM dari Kecamatan Palas, Kalianda, Rajabasa, dan Way Panji.

Kemudian di lokasi kedua bertempat di Lapangan Futsal Desa Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo. Di lokasi ini Nanang kembali menyerahkan secara simbolis bantuan stimulus kepada 209 pelaku UMKM dari Kecamatan Sidomulyo, Candipuro, Katibung, Way Sulan, dan Merbau Mataram.

Terkait bantuan tersebut, Nanang mengatakan, dana stimulus dari pemerintah tersebut untuk membantu pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, dana bantuan itu diperuntukan membantu modal pelaku UMKM guna mengiatkan perekonomian agar bangkit pada masa pandemi.

“Walaupun kecil, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk melanjutkan usaha masyarakat yang terdampak Covid-19. Semoga bisa digunakan dengan baik untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” ujar Nanang saat memberikan sambutan di Kecamatan Palas.

Selain bantuan dana stimulus, dikedua lokasi tersebut Nanang Ermanto juga menyerahkan bantuan beras untuk keluarga penerima manfaat program keluarga harapan. Bantuan beras sebanyak 15 kilogram ini diberikan kepada 53.998 KPM yang tersebar di 17 kecamatan.

Ada juga bantuan untuk renovasi rumah ibadah sebesar Rp. 5 juta. Bantuan ini dikucurkan bagi 260 rumah ibadah dari berbagai agama yang tersebar di 17 kecamatan. Total bantuan renovasi rumah ibadah ini mencapai Rp. 1,3 miliar.

Selanjutnya ada bantuan peralatan perpustakan berupa komputer berikut meja, printer, dan buku-buku bacaan untuk Kecamatan Kalianda dan Candipuro.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lampung Selatan, I Ketut Sukerta menyebut, total bantuan stimulus bagi pelaku UMKM di wilayahnya berjumlah 1.000 orang yang tersebar di 17 kecamatan.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan bantuan tersebut berdasarkan Peraturan Bupati Lampung Selatan Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pemberian Stimulus Permodalan bagi UMKM.

“Kegiatan ini bisa terlaksana berkat kebijakan pak bupati, H. Nanang Ermanto. Karena beliau begitu sangat perhatian dan peduli terhadap pelaku UMKM. Supaya roda perekonomian pelaku UMKM ini bisa berputar kembali,” kata Ketut dalam laporannya.