Natal dan Potret Kita

  • Bagikan

Oleh Ikram Baadila

Begitu besar dosa, pelanggaran, dan kejahatan yang telah kita perbuat hingga sukar sekali untuk disembunyikan, untuk tidak dilanggar, dan sukar sekali untuk berbuat baik di tengah-tengah kehidupan dan aktivitas kita sehari-hari.

Akhirnya Paus Fransiskus tak tertahankan lagi untuk tidak melancarkan kritik dengan jargon-jargon yang begitu hidup dan gamblang seperti skizofrenia eksistensial, eksibisionisme sosial, alzheimer spiritual, hamba bagi “nafsu akan kekuasaan, hasrat untuk berkuasa sesaat dan sifat mania – serakah dan egois”, pengecut yang tak punya keberanian untuk menyampaikan kata-katanya secara terbuka (pelaku gossip, pembunuh berdarah dingin), perilaku birokrasi yang penuh intrik, persaingan tidak sehat, perilaku menganggap dirinya “abadi”, perilaku minta dilayani “bossy”, di samping ajakan memerangi korupsi dan melakukan aksi bersih-bersih “membenahi manajemen yang buruk.

Meskipun Paus menyampaikan dihadapan kardinal, uskup, dan imam dalam pidato pra-Natal di Vatikan (Senin, 22 Desember 2014), namun gentarannya sampai ke wilayah pemerintah, negara, dan masyarakat dunia, termasuk Indonesia kita. Tidak ada yang salah atau tidak tepat jargon-jargon tersebut bila dipakai untuk memotret wajah Indonesia.

Kita menyadari ada tangan Allah yang penuh dengan kasih sayang dan berkat-Nya. Kita akan hadapi semuanya dengan Allah kita, kepada-Nyalah kita percaya. Hari Natal, menjadi momentum kita untuk memperbaiki diri, reformasi total, revolusi mental dengan mencoba kembali untuk menjadi wajah Tuhan, wajah Kekasih kita, bagi lingkungan keluarga, kerabat, rekan bermain, rekan kerja maupun sekitar kita.

Mari kita meminta maaf kepada mereka yang pernah kita lukai, sakiti, curangi. Mari kita juga memaafkan orang-orang yang pernah melukai, menyakiti, mencurangi kita. Semoga dengan saling memaafkan, pada Natal kali ini menjadi damai sejahtera, membumikan Shalooom/Assalamu Alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh. untuk memperteguh pengharapan kita terhadap-Nya.

Damai Natal!

  • Bagikan