Beranda News Lampung Natal dan Tahun Baru: Kerahkan 2.981 Personel, Polda Lampung Pantau Wilayah dengan...

Natal dan Tahun Baru: Kerahkan 2.981 Personel, Polda Lampung Pantau Wilayah dengan CCTV 

267
BERBAGI
Mabes Polri dan Polda Lampung melakukan koordinasi di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (21/12/2019), terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019. Foto: Teraslampung.com/Zanal Asikin
Mabes Polri dan Polda Lampung melakukan koordinasi di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (21/12/2019), terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019. Foto: Teraslampung.com/Zanal Asikin

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN — Untuk mengamankan pelaksanaan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) Polda Lampung mengerahkan 2.981 personel gabungan. Polda juga memantau sejumlah wilayah menggunakan kamera tersembunyi atau close circuit television (CCTV) yang terpasang di sejumlah titik di Provinsi Lampung.

“Semua sudah terpasang,”kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad kepada teraslampung.com saat ditemui di Pelabuhan Bakauheni usai mendampingi Kapolda Lampung, Irjen Pol Purwadi Arianto ketika menerima kunjungan Kabaharkam Polri, Irjen Pol Agus Andrianto, Sabtu (21/12/2019).

Menurut Pandra, wilayah yang dipantau dengan CCTV antara lain  Lampung Selatan, Bandarlampung, dan Lampung Tengah. Ketiga wilayah yang terpantau CCTV tersebut, untuk wilayah hukum Polres Lampung Selatan ada dua titik yakni Pelabuhan Bakauheni dan Simpang Tegineneng.

Kemudian untuk wilayah hukum Polresta Bandarlampung,kata Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, ada delapan titik yang dipantau. Yaitu  Terminal Rajabasa, Stasiun Kereta Api, Bundaran Tugu Adipura, Mall Bumi Kedaton (MBK), Mall Chandra, Bundaran Tugu Radin Intan, Antasari dan Simpang Baruna.

“Untuk Polres Lampung Tengah, ada dua titik pantauan CCTV yakni di Jalinsum Simpang dan Jalinsum Pasar Bandar Jaya KM 63,”ungkapnya.

Dikatakannya, Operasi Lilin Krakatau 2019 ini, akan berlangsung selama 12 hari yakni mulai sejak hari ini 21 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

“Mengenai puncak arus mudik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), diperkirakan mulai tanggal 22 Desember 2019,”ujarnya.

Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, personel yang diterjunkan melakukan pengamanan Nal dan Tahun Baru kali ini sebanyak 2.981 personel gabungan. Khusus dari Perinciannya: Polda Lampung dan jajaran 1.964 personel,  TNI 202 personel, dan instansi terkait lainnya sebanyak 815 personel.

“Para personel tersebut akan melakukan pengamanan di sejumlah objek vital seperti tempat ibadah, terminal, stasiun, bandara, tempat wisata dan pusat perbelanjaan,”bebernya.

Sementara lokasi yang menjadi titik pengamanan Nataru objek PAM seluruh Lampung, kata Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, sebanyak 1.116 lokasi. Antara lain:14 terminal, 10 stasiun kereta api,  2 Pelabuhan, 2 bandara, 237 tempat wisata, 32 pusat perbelanjaan, 788 tempat ibadah (gereja) dan 31 objek perayaan pergantian tahun.

“Untuk Pos Pengaman (Pospam) ada 35 Pospam, yang mana Pospam ini akan difokuskan pada lokasi rawan Kamtibmas dan Laka Lantas. Kemudian untuk Pos Pelayanan (Posyan), ada 11 Pos yang disiapkan dan dipusatkan pada titik keramaian seperti pusat perbelanjaan, stasiun kereta api, pelabuhan, bandara, dan fasilitas penting lainnya”terangnya.

Loading...