Beranda Ekbis Bisnis Natal-Tahun Baru, PT KAI Tanjungkarang Kerahkan 304 Petugas Keamanan

Natal-Tahun Baru, PT KAI Tanjungkarang Kerahkan 304 Petugas Keamanan

898
BERBAGI
Executive Vice President (EVP) PT Kereta Api Indonesia, Sulthon Hasanudin,menyematkan pin di seragam petugas keamanan dari unsur TNI dan Polri yang akan membantu pengamanan angkutan Natal 2
Executive Vice President (EVP) PT Kereta Api Indonesia, Sulthon Hasanudin,menyematkan pin di seragam petugas keamanan dari unsur TNI dan Polri yang akan membantu pengamanan angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

TERASLAMPUNG.COM — Untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jasa kereta api selama angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Lampung, PT KAI Divre IV Tanjungkarang menyiapkan 304 personel keamanan. Mereka terdiri dari 38 personel Polsuska, 216 personel petugas keamanan, dan bantuan eksternal dari TNI/Polri sebanyak 50 personel.

“Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta,” kata Executive Vice President (EVP) PT Kereta Api Indonesia, Sulthon Hasanudin, Rabu, 19 Desember 2018.

Selain itu, kata Sulthon, PT KAI Tanjungkarang juga mengerahkan petugas penilik jalan (PPJ) sebanyak 97 orang ditambah 30 personel ekstra.

Sedangkan di perlintasan sebidang resmi disiapkan Penjaga Jalan Lintas (PJL) sebanyak 52 personel ditambah 28 PJL ekstra. Meskipun jumlah PJL ditingkatkan.

“PT KAI dengan tegas mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tetap mematuhi rambu-rambu di pelintasan sebidang. UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) menyebutkan bahwa perjalanan KA mendapat prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya,” kata Sulthon.

Menurut Sulthon, dari tahun ke tahun, terdapat tren kenaikan jumlah kecelakaan di pelintasan sebidang.

“Pada 2016 terjadi 18 kecelakaan, 2017 tercatat 44 kecelakaan, dan per 30 November 2018 telah terjadi 39 kecelakaan. Diperlukan kerja sama dengan seluruh pihak untuk mewujudkan keselamatan bersama,”katanya.