Beranda Hukum Nekat Bawa Penumpang Mudik, Puluhan Mobil Travel Gelap Diamankan Polda Lampung

Nekat Bawa Penumpang Mudik, Puluhan Mobil Travel Gelap Diamankan Polda Lampung

1113
BERBAGI
Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, Kombes Pol.Chiko Ardwiatto
Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, Kombes Pol.Chiko Ardwiatto

TERASLAMPUNG.COM — Satuan Polisi Jalan Raya (Sat-PJR) Ditlantas Polda Lampung menahan puluhan mobil travel gelap selama Operasi Ketupat Krakatau 2020. Travel gelap itu dipakai untuk mengangkut penumpang mudik pada masa pandemi Covid-19 dari beberapa daerah di Sumatera hendak menuju ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.

BACA: Sempat Tertahan, Akhirnya 437 Penumpang Bisa Menyeberang ke Pelabuhan Merak

“Ini merupakan hasil operasi sejak 12 Mei 2020 hingga 25 Mei 2020. Mereka umumnya tertangkap saat petugas menggelar operasi khusus dalam rangka penegakan hukum bagi masyarakat yang masih nekat mudik di tengah pandemi Covid 19,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, Kombes Pol.Chiko Ardwiatto, dalam ekspos kasus di Mapolda Lampung, Senin, 25 Mei 2020.

Menurut Kombes Chiko, puluhan kendaraan itu diamankan dalam operasi di pos  pengecekan (check point)  Tol Bakauheni, Lampung Selatan.

“Kendaraan berasal dari wilayah  Palembang, Riau, Bengkulu, dan Jambi,” kata dia.

Menurutnya, selain tidak menaati protokol kesehatan tentang angkutan umum pada masa pandemi Covidp-19, para pengemudi itu melanggar pasal 308 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Yakni membawa kendaraan pribadi untuk mengangkut penumpang umum (travel gelap).

“Mereka tergiur membawa  para penumpang yang hendak mudik ke kampung halamannya di Pulau Jawa karena mendapat imbalan besar. Para penumpang didapatkan melalui media sosial serta dari rekan kerja,” katanya.