Beranda News Sosial Ngamen, Kim Commanders dan Kosela Galang Dana untuk Korban Sulteng

Ngamen, Kim Commanders dan Kosela Galang Dana untuk Korban Sulteng

160
BERBAGI
Tampan Sudjarwadi, Caleg No. 2 DPRD Provinsi Lampung dari partai NasDem (kaus biru muda bertopi) turut ambil peran mengais donasi Ngamen galang dana untuk korban bencana alam Sulteng bersama Kosela.
Tampan Sudjarwadi, Caleg No. 2 DPRD Provinsi Lampung dari partai NasDem (kaus biru muda bertopi) turut ambil peran mengais donasi Ngamen galang dana untuk korban bencana alam Sulteng bersama Kosela.

Zainal Asikin | Terasdlampung.com

BANDARLAMPUNG-Peduli terhadap sesama, musisi perdamaian dunia, Kim Commanders bersama para musisi jalanan yang tergabung dalam Komunitas seniman jalanan lampung (Kosela) ‘Ngamen’ penggalangan dana untuk korban bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu 13 Oktober 2018.

Kegiatan penggalangan dana itu, dilakukan di ‘Warung Sego’ Jalan Hos Cokroaminoto, Pahoman, Bandarlampung. Para musisi yang peduli terhadap sosial dan keadaan bangsa yang saat ini sedang mengalami bencana alam, menampilkan musik akuistik dengan menyanyikan beberapa lagu untuk menghibur para pengunjung di Warung Sego saat penggalangan dana tersebut.

Beberapa musisi lainnya, ada yang menjemput donasi dari para pengunjung yang sedang menikmati hidangan santap siang di Warung Sego menggunakan kotak kardus. Selain itu, ada yang menyasar ke pengguna jalan yang melintas di Jalan Hos Cokroaminoto, Pahoman.

Aksi para musisi jalanan itu, mendapatkan apresiasi dan respons positif dari pemilik Warung Sego dan pengunjung, pengguna jalan dan warga sekitar. Usai menikmati santap siang, para pengunjung, banyak yang menyumbangkan dana ke dalam kotak kardus penggalangan dana yang disiapkan.

Bahkan di tempat itu, ada salah satu Caleg dari Partai NasDem, bersama keluarganya yang sedang menikmati santap siang turut ambil peran. Selain menyumbangkan dana untuk korban bencana, politisi itu juga ikut turun mengais donasi bersama musisi jalanan Kosela dari pengunjung sembari bernyanyi.

Tidak hanya itu saja, bahkan di tempat itu juga Ketua DPC PKB Kota Bandarlampung, H Juanda dan beberapa orang pejabat turut menyumbangkan dana untuk korban dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kim Commanders bersama Kosela.

Menurut ketua Komunitas seniman jalanan lampung (Kosela) Kim Commanders, kegiatan Ngamen yang dilakukan di Warung Sego Pahoman ini, adalah bentuk kepedulian kami (Kosela) yang tanggap terhadap apa yang terjadi terhadap sesama untuk membantu para korban bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kim Commanders bersama musisi jalanan Komunitas seniman jalanan lampung (Kosela) ‘Ngamen’ penggalangan dana untuk korban bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah di ‘Warung Sego’ di Jalan Hos Cokroaminoto, Pahoman, Bandarlampung.
Kim Commanders bersama musisi jalanan Komunitas seniman jalanan lampung (Kosela) ‘Ngamen’ penggalangan dana untuk korban bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah di ‘Warung Sego’ di Jalan Hos Cokroaminoto, Pahoman, Bandarlampung.

“Saat ngamen tadi kami juga menginformasikan ke para pengunjung Warung Sego bahwa dari hasil mengamen ini akan disalurkan untuk korban bencana alam di Sulteng. Alhamdulillah kehadiran kami direspon baik dari pemilik dan pengunjung. Bahkan para pengunjung, merasa terhimbur dan peduli mau memberikan sebagian rizkinya untuk membantu sesama,”ujarnya, Sabtu 13 Oktober 2018.

Kegiatan Ngamen ini, kata Kim Commanders, adalah bentuk kegiatan dirinya bersama Kosela yang ketiga dalam penggalangan dana untuk membantu saudara-saudara kita di Sulteng yang saat ini sedang mengalami musibah bencana alam di Sulteng yang menyisakan kepedihan.

“Mereka (korban) tidak hanya kehilangan harta benda saja, melainkan keluarga bahkan banyaknya korban jiwa dan juga hilang akibat bencana alam yang terjadi itu,”ucapnya.

Dikatakannya, dari hasil penggalangan dana Ngamen selama hampir 3 jam ini, terkumpul donasi Rp 1 juta. Hasil dari donasi ini akan dikumpulkan dan disalurkan melalui lembaga-lembaga yang membuka dompet peduli bencana untuk menyalurkan bantuan membantu para korban di Sulawesi Tengah.

“Dalam waktu dekat ini, rencananya akan ada kegiatan amal penggalangan dana juga untuk Sulteng yang akan digelar di Graha Surya Bandarlampung,”ungkap musisi perdamaian dunia ini yang dikenal melalui lagunya “Children With No Land”.

Kim menegaskan, selain kegiatan yang dilakukan ini, ia bersama Kosela saat ini sedang fokus untuk membuat taman-taman baca di Lampung dan menggalang donasi untuk membantu sekolah-sekolah di Lampung yang kondisinya rusak parah, karena kurangnya perhatian dan tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Sementara menurut Tampan Sudjarwadi, Caleg No. 2 DPRD Provinsi Lampung dari partai NasDem menuturkan, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kim Commanders bersama para musisi jalanan Kosela yang kepeduliannya begitu tinggi terhadap sosial untuk membantu terhadap korban bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tengah.

“Saya mengapresiasi aksi sosial Bung Kim dan Kosela. Mereka menunjukkan kepada semua bahwa kita semua harus saling berbagi dan empati terhadap musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Sulteng tanpa membedakan agama, suku dan bangsa,”tuturnya.

Menurutnya, kebetulan dirinya bersama istri dan anaknya saat itu sedang melintas, lalu melihat mereka sedang melakukan aksi penggalangan dana dengan cara Ngamen untuk korban bencana alam di Warung Sego. Saat itu juga, ia langsung memarkirkan kendaraannya dan ikut bergabung bersama mereka.

Tampan juga mengajak seluruh kawan-kawan lainnya dan masyarakat lampung tergerak, peduli dan memiliki empati terhadap sesama. Mudah-mudahan, kegiatan mulia yang dilakukan ini bermanfaat untuk semua. Hal ini menunjukkan, bahwa Indonesia bersama bersatu padu saling bahu membahu untuk membantu sesama.

“Meski sebagai musisi jalanan, mereka juga sebagai penggerak sosial, maka ini perlu di diapresiasi. Kepedulian mereka bagaimana melihat saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah dan nasib bangsa kita sekarang ini. Walaupun ini hanya hal kecil, mudah-mudahan bermanfaat dapat membantu para korban,”ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPC PKB Kota Bandarlampung, H Juanda juga mengapresiasi adanya kegiatan yang dilakukan oleh Kim commanders bersama Kosela atas kepeduliannya yang tinggi untuk membantu sesama.

“Mudah-mudahan apa yang mereka lakukan ini, menjadi inspirasi bagi seniman-seniman di Lampung lainnya agar bersatu padu, saling membantu sama-sama menyelesaikan masalah bangsa dalam mengatasi masalah bencana di negara kita ini,”ujarnya.

Loading...