Beranda News Obituari Novelis Senior N.H.Dini Meninggal Dunia

Novelis Senior N.H.Dini Meninggal Dunia

101
BERBAGI
NH Dini (dok takaitu.com)

TERASLAMPUNG.COM – Penulis novel Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau N.H. Dini (82 tahun) meninggal dunia, Selasa (4/12) sore. Kabar meninggalnya penulis senior asli Semarang itu beredar di Facebook lewat status sejumlah sastrawan.

Awalnya banyak penggemar dan pengagum penulis novel Sebuah Lorong di Kotaku itu meninggal karena sakit. Namun, informasi yang sudah terkonfirmasi menyebutkan N.H. Dini meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di Tol Tembalang KM 10.

Mobil yang ditumpangi tertimpa muatan truk di depannya saat perjalanan pulang dari tusuk jarum. Diduga NH Dini mengalami gegar otak. N.H. Dini meninggal pukul 16.00 WIB.

Saat ini jenazah masih disucikan di RS Elizabeth untuk disemayamkan di Wisma Lansia Harapan Asri.

Bruder Heri, Kepala Bruder Wisma Lansia Harapan Asri Semarang, menuturkan recananya pada Rabu (5/12) setelah pukul 12.00 WIB jenazah akan dikremasi di pemakaman Kedungmundu Semarang.

N.H. Dini lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada tahun Kabisat yakni 29 Februari 1936 dari pasangan Saljowidjojo dan Kusaminah. Ia anak bungsu dari lima bersaudara.

N.H. Dini mulai tertarik menulis sejak kelas tiga SD. Buku-buku pelajarannya penuh dengan tulisan yang merupakan ungkapan pikiran dan perasaannya sendiri. Ia sendiri mengakui bahwa tulisan itu semacam pelampiasan hati. Ibu Dini adalah pembatik yang selalu bercerita padanya tentang apa yang diketahui dan dibacanya dari bacaan Panji Wulung, Penyebar Semangat, tembang-tembang Jawa dengan Aksara Jawa dan sebagainya.

Dini telah menjadi pengarang selama hampir 60 tahun. Namun, ia baru menerima royalti honorarium yang bisa menutupi biaya hidup sehari-hari baru-baru ini.

NH Dini pernah terserang hepatitis-B, selama 14 hari. Gubernur Jawa tengah saat itu, Mardiyanto, membantu biaya pengobatan Dini.

Dini sempat menikah dengan Yves Coffin, Konsul Prancis di Kobe, Jepang, pada 1960 dan beberapa kali berpindah tempat tinggal dari negara satu ke negara yang lain. Dari pernikahan itu ia dikaruniai dua anak, Marie-Claire Lintang dan Pierre Louis Padang. Setelah bercerai, Dini kembali ke Indonesia dan tidak berhenti berkarya.

Novel-novel NH Dini yang populer dan menjadi bacaan wajib di Fakultas Sastra maupun bagi penggemar sastra umum antara lain: Pada Sebuah Kapal, Hati yang Damai, Padang Ilalang di Belakang Rumah, Sekayu, Pertemuan Dua Hati, Keberangkatan, La Barka, Monumen, Istri Konsul, Sebuah Lorong di Kotaku, Kemayoran, Tirai Menurun, Langit dan Bumi Sahabat Kami,Namaku Hiroko, Argenteuil, Dari Rue Saint Simon ke Jalan Lembang, dan Dua Dunia.

 

Loading...