Beranda Ekbis Bisnis NTP dan Harga Gabah Petani Lampung Turun pada Mei 2020

NTP dan Harga Gabah Petani Lampung Turun pada Mei 2020

163
BERBAGI
Petanni menjemur gabah (Bisnis.com)

TERASLAMPUNG.COM — Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung merilis nilai tukar petani (NTP) Provinsi Lampung Mei 2020 turun 1,60 persen.

Untuk masing-masing subsektor penurunan tercatat pada Subsektor Padi & Palawija (NTP-P) (93,37), Hortikultura (NTP-H)(94,14), Tanaman Perkebunan Rakyat (NTP-Pr) (86,47), Peternakan (NTP-Pt) (98,29), Perikanan Tangkap (99,07), dan Perikanan Budidaya (100,26). Sedangkan NTP Provinsi Lampung tercatat sebesar 91,51.

“Pada Mei 2020, beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga, antara lain pada komoditas subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan perikanan tangkap, seperti, gabah, jagung, cabai rawit, cabai hijau, cabai merah,” kata Kepala BPS Lampung, Faizal Anwar, Selasa (2/6/2020).

Selain itu: beberapa jenis sayuran dan tanaman obat, kopi, karet, kelapa sawit, dan beberapa jenis ikan tangkap.

“Sedangkan subsektor peternakan dan perikanan budidaya mengalami kenaikan, seperti ternak besar, ternak kecil, unggas, dan telur itik/bebek, dan beberapa ikan budidaya,” kata Faizal.

Harga Gabah Rata-rata Turun 10,50 Persen

Penurunan juga terjadi pada harga gabah petani Lampung yang saat ini sedang panen raya. Menurut  BPS Lampung, harga gabah di petani rata-rata turun 10,50 persen.

Selama Mei 2020, BPS melakukan survei harga produsen gabah pada 45 titik observasi. Observasi didominasi oleh kelompok gabah kualitas Gabah Kering Panen (GKP).

Menurut BPS Lampung, harga gabah tertinggi di tingkat petani mencapai Rp 4.200/kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan.

“Harga gabah terendah mencapai Rp3.700/kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Muncul dan Galur terdapat di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan dan Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur. Harga tersebut berada dibawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yaitu Rp4.200/kg,” kata Faizal.

Di tingkat penggilingan, harga gabah tertinggi Rp4.300/kg pada gabah kualitas GKP dengan Varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah dan Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan.

Sedangkan harga gabah terendah kelompok kualitas GKP yaitu Rp. 3.800 per kg dengan varietas Muncul terdapat di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. Harga tersebut berada di bawah HPP yaitu Rp. 4.250/kg.

 

Loading...