Beranda News Budaya Nuansa Islami dan Budaya Lampung Begitu Terasa pada Malam Takbiran di Kampung...

Nuansa Islami dan Budaya Lampung Begitu Terasa pada Malam Takbiran di Kampung Mataram Ilir

422
BERBAGI
Suasana malam takbiran di Kampung Mataram Ilir, Seputih Surabaya, Lampung Tengah, 6 Juli 2016. Foto: pojoksamber

TERASLAMPUNG.COM –- Suasana malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri di Kampung Mataram Ilir Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah, Selasa malam (6/7/2016) berlangsung meriah. Nuansa islami dengan warna budaya lokal Lampung begitu terasa di kampung yang masih menjaga dengan baik adat-istiadat Lampung itu.

Sejak lepas salat Magrib tanda masuk 1 Syawal, gema takbir terdengar di masjid dan musala. Ratusan warga meramaikan malam takbiran tersebut dengan pawai keliling dan membuat berbagai hiasan berbentuk masjid, kapal, bulan bintang dan berbagai bentuk hiasan lain yang diarak dengan menggunakan mobil dan sepeda motor.

Para tokoh agama, pamong dan kepala kampung menyambut kegiatan tersebut dengan ikut keliling .

“Biasanya hanya keliling takbiran dengan menggunakan pengeras suara, tahun ini banyak hiasan dan sangat meriah sekali, malam takbiran tahun depan ini bisa dilombakan dengan melibatkan 16 Dusun yang ada di Kampung Mataram Ilir, “ Ungkap Bastoni, Kepala Kampung Mataram Ilir dalam sambutannya di lokasi takbiran.

Pembukaan takbir keliling yang diawali dengan sambutan Kepala Kampung ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Abdul Wahid, dengan harapan agar takbir keliling berjalan lancar dan selamat.

Warga sangat antusias dalam mengikuti acara takbir keliling ini, sebagaimana diungkapkan Takul, salah seorang warga Mataram Ilir yang ikut.

“Kalau takbir keliling setiap tahun seperti ini, warga Mataram Ilir tidak perlu lagi mencari hiburan keluar kampung, apalagi jika sampai dilombakan, pasti seru dan menarik,” kata akul menyepakati ide Kepala Kampung Mataram Ilir yang akan melombakan hiasan takbir keliling antarkampung.

Adapun rute takbir keliling tahun ini dimulai dari Dusun 5, Dusun 6 dan Dusun 7.

TL/pojoksamber.com/Abdurrahman Wahid

Loading...