Beranda News Jiran Sumatera Nur Kholis Dapat Dukungan Relawan Jokowi untuk Jadi Wakil Walikota Palembang

Nur Kholis Dapat Dukungan Relawan Jokowi untuk Jadi Wakil Walikota Palembang

198
BERBAGI

Ahmad Marhaen/Teraslampung.com


Nur Kholis (dok indonesia-2014.com)

PALEMBANG — Dukungan kepada  komisioner Komnas HAM asal Palembang, Nur Kholis, sebagai calon Wakil Walikota Palembang untuk mendampingi Harnojoyo terus bergulir. Setelah muncul dukungan dari tokoh Palembang di Jakarta, kini dukungan datang dari sejumlah relawan Jokowi-JK di Palembang. Mereka menilai  Nur Kholis mampu membenahi persoalan lingkungan hidup yang saat ini mengancam masa depan Palembang.

“Kami mendukung Nur Kholis karena dia merupakan tokoh muda yang sangat dibutuhkan masyarakat  Palembang. Jejak rekamnya jelas buat kepentingan masyarakat, dan tidak pernah terindikasi kasus  korupsi atau kejahatan rakyat. Dia pun bukan pelaku bisnis yang biasanya menyusahkan rakyat,” kata Ketua BPH AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara) Sumsel, Rustandi Adriansyah, Senin (21/7/2014).

Rustandi pun yakin Nur Kholis akan memberikan dampak yang positif terhadap pembangunan di Palembang prolingkungan hidup.

Dijelaskannya, pada 10-15 tahun ke depan Palembang merupakan salah satu kota di dunia yang terancam tenggelam akibat kerusakan lingkungan hidup di wilayah huluan Sumsel, maupun akibat naiknya air laut karena pemanasan global. Tenggelamnya Palembang, menurut Rustandi, bukan datangnya arus air tersebut, tapi lantaran wilayah resapan air di Palembang sudah habis.

“Anak-anak sungai yang hilang dan rusak, rawa-rawa yang habis tertimbun. Palembang tak mampu menampung datangnya arus air tersebut. Oleh karena itu diperlukan pemimpin yang mengerti dan bertekad memperbaiki persoalan lingkungan hidup di Palembang. Nur Kholis merupakan sosok yang tepatnya. Dia mantan aktifis lingkungan hidup, dan sangat peduli dengan persoalan tersebut,” ujar Rustandi.

Di sisi lain, kata Rustandi, pengalaman Nur Kholis sebagai pejabat negara, juga memberikan nilai plus bagi Nur Kholis jika kelak dia menjadi wakil wali kota.

“Artinya dia bukan hanya aktivis yang membangun pemikirannya. Ia juga punya pengalaman terkait birokrasi. Paduan ini sangat menarik. Seperti halnya sosok Jokowi maupun Ahok,” katanya.

Dibanding Ahok, kata Rustandi, Nur Kholis mungkin jauh lebih tenang. “Dia sosok yang tenang.
Tidak meledak-ledak. Punya kemampuan komunikasi yang baik. Saya percaya sosoknya mampu merangkul semua pihak buah membangun Palembang,” tegasnya.

Sebelumnya,  tokoh masyarakat Palembang di Jakarta,  Chairil Syah, menyatakan nama Nur Kholis sangat layak mendampingi Harnojoyo untuk memimpin Kota Palembang. Pernyataan tersebut menyusul ditahannya Walikota Palembang Romi Herton terkait kasus dugaan suap Pilkada Palembang 2013 lalu.

Loading...