Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat Ny. Partinia Parosil Ajak Masyarakat Lambar Biasakan Konsumsi Makanan Beragam dan Bergizi

Ny. Partinia Parosil Ajak Masyarakat Lambar Biasakan Konsumsi Makanan Beragam dan Bergizi

221
BERBAGI
Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Barat, Ny. Partinia Parosil, menunjukkan contoh makanan bergizi tetapi murah produk warga Lampung Barat.

TERASLAMPUNG.COM — Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Barat, Ny, Partinia Parosil, mengajak masyarakat Lampung Barat membiasakan mengonsumsi makanan yang beragam, bergizi,seimbang, dan aman (B2SM).

“Makanan yang B2SM sangat penting  untuk tumbuh kembang generasi terbaik. Makan makanan bergizi dapat diterapkan di lingkungan rumah tangga, makanan yang bergizi seimbang tidak perlu mahal yang terpenting seimbang dan cukup gizinya, ” kata istri Bupati Parosil Mabsus itu saat membuka pertemuan kader pangan dan Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Kawasa Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Lomba Cipta Menu, di GSG Dinas Ketahana Pangan Lampung Barat di Sebarus, Kamis (21/3).

Selain makanan yang B2SM, Partinia juga menyinggung masalah gizi buruk dan stunting yang masih menjadi persoalan kesehatan hingga saat inu.

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya, sehingga diperlukan makanan sehat dan bergizi cukup

Ny. Partinia berharap masyarakat Lampung Barat khususnya kaum ibu dapat memanfaatkan lahan yang ada di pekarangannya, untuk menanam tanaman seperti toga atau jenis tanaman yang bisa diolah menjadi makanan bergizi dan alami.

“Saya berharap kegiatan pangan lestari ini tetap berjalan dan berkesinambungan untuk kedepannya, tidak hanya hari ini saja,” katanya.

Kepala Bidang Pangan Dinas Ketahana Pangan Lampung Barat, Joko Sulistyo, mengatakan  kegiatan ini dimaksudkan untuk silaturahmi antar kader pangan, ketua KWT, dan PKK agar semua kegiatan kabupaten dapat sinkron dilaksanakan di tingkat kecamatan sampai pekon.

“Tidak semua makanan yang kita konsumsi tidak semuanya bergizi sehingga kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui keseimbangan makanan yang dikonsumsi sehari-hari,” katanya.

Pada Lomba Cipta Menu, keluar sebagai  juara 1 tim dari Pekon Pampangan 02 dengan nilai 85, juara 2 tim dari Pekon Tribudi Sukur 07 dengan nilai 80, juara 3 dari Sumber Alam 013 dengan nilai 75, sedangkan juara favorit 1 adalah tim dari Pekon Sukamulya Pagar Dewa.

Loading...