Beranda Hukum Narkoba Nyabu, Oknum Kanit Narkoba Polres Mesuji Dicopot dari Jabatannya 

Nyabu, Oknum Kanit Narkoba Polres Mesuji Dicopot dari Jabatannya 

144
BERBAGI
Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.
Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG–Briptu DA, Polwan yang bertugas sebagai Kanit Satnarkoba Polres Mesuji, dicopot dari jabatannya karena diduga mengonsumsi sabu-sabu. Kasus ini mencuat dan heboh di medsos setelah videonya viral. Saat ini oknum polwan tersebut sedang menjalani pemeriksaan intensif di Propram Polda Lampung.

Dalam video berdurasi 57 detik beredar dan menjadi viral di jagad maya terlihat seorang wanita diduga oknum polwan yang bertugas di Lampung sedang asyik mengkonsumsi sabu-sabu menggunakan alat isap sabu (bong). Polwan yang mengenakan kaus warna hitam dan celana jeans biru terlihat santai dan asyik mengisap sabu-sabu sambil berbincang dengan seorang teman wanitanya di salah satu rumah.

Kapolres Mesuji AKBP Alim saat dikonfirmasi tak menampik mengenai seorang wanita dalam video yang beredar dan viral tersebut adalah salah satu anggotanya. Ia juga mengatakan, kasusnya saat ini sudah ditangani Bidpropam Polda Lampung.

“Benar, kasusnya sudah ditangani oleh Propam Polda. Mengenai proses hukumnya, Propam nanti yang memutuskan,” kata AKBP Alim kepada teraslampung.com, Jumat (20/11/2020).

Dikatakannya, saat ini oknum polwan tersebut, sudah dibebastugaskan dari jabatannya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.

“Ya benar, oknum polwan berinisial DA yang diduga konsumsi narkoba masih diperiksa Bidpropam Polda Lampung. Yang bersangkutan, sudah dicobot dari jabatannya sebagai Kanit Satresnarkoba Polres Mesuji,”kata Pandra.

Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, pihaknya belum dapat membeberkan secara rinci menganai hasil pemeriksaannya, karena proses pemeriksaan terhadap okum polwan Aiptu DA masih berlanjut. Terkait oknum polwan diduga mengkonsumsi narkoba tersebut, diperiksa secara pidana umum.

“Untuk mengenai hasil pemeriksaannya belum bisa kami jelaskan, karena masih melihat perkembangan pemeriksaan Bidpropam. Informasi masuk video beredar ini, baru dilaporkan dan belum sampai 24 jam,”ujarnya.

Selain memeriksa oknum polwan Aiptu DA, kata Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap video yang beredar dan viral yang memperlihatkan oknum polwan DA tersebut diduga sedang menkonsumsi narkoba.

“Saat ini penyidik Bidpropam masih menelusuri waktu pembuatan video itu, termasuk juga orang yang merekamnya. Selain itu juga, tengah menyelidiki identitas satu perempuan lain yang terekam dalam video tersebut,”ungkapnya.

Mantan Kapolres Meranti, Riau ini, mengaku terkejut saat mengetahui sosok dalam video yang sedang mengkonsumsi narkoba itu merupakan seorang anggota Polri aktif. Apalagi, kata Pandra, oknum polwan Aiptu DA ini merupakan sosok anggota Polri berprestasi. Terlebih dalam hal melakukan pengungkapan kasus di satuan tempatnya bertugas (Polres Mesuji).

“Meski demikian, Polda Lampung tetap akan melakukan penindakan secara tegas terhadap anggota kepolisian yang tidak disiplin atau melakukan pelanggaran,”jelasnya.

Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menambahkan, Kabid Propam Polda Lampung Kombes Pol Joas Feriko Panjaiatan telah memeriksa seluruh anggota dengan melakukan giat penegakkan ketertiban dan disiplin (Gaktiplin) di Polres Jajaran. Polda Lampung melakukan pemeriksaan terhadap sikap, tampang, seragam, identitas diri, administrasi, fisik, urin dan juga pemeriksaan senjata api.

“Giat Gaktibplin ini dilaksanakan sebagai bentuk pengawasan secara internal maupun eksternal anggota kepolisian dan ini juga sudah diperintahkan Kabid Propam ke seluruh Polres Jajaran. Kemudian Kapolres selaku pimpinan, diminta untuk mengawasi anggotanya secara internal,” katanya.