Nyalon Ketua PWI, Hermansyah ‘Pak Ho’ Ajak Awak Media Merawat Marwah Wartawan

  • Bagikan
Hermansyah bersama para wartawan pengurus IJP Lampung, Jumat (12/11/2021).

TERASLAMPUNG.COM — Wartawan senior Lampung yang dikenal sebagai pencipta karakter tokoh Pak De – Pak Ho di kolom harian Lampung Post, Hermansyah atau Herman ‘Pak Ho’, siap maju sebagai calon Ketua PWI Lampung pada Konferensi Wilayah (Konferwil) pada Desember 2021.

Kepastian pria yang juga akrab disapa Herman Batin Mangku itu maju sebagai calon Ketua PWI terkonfirmasi dengan sosialisasi yang dia lakukan di kalangan para wartawan yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Pemprov (IJP) Lampung, di Media Center Balai Keratun, Jumat siang (12/11/2021).

Dengan tampilnya Hermansyah sebagai salah satu kandidat Ketua PWI Lampung, berarti calon yang siap bersaing pada Konferwil PWI Lampung mendatang menjadi empat orang. Sebelumnya Juniardi, Nizwar, dan Wirahadikusumah juga menyatakan siap maju sebagai calon Ketua PWI Lampung.

Herman mengaku niat maju sebagai calon nakhoda PWI Lampung karena keinginan untuk tetap merawat dan menegakan marwah wartawan, terutama organisasi profesi wartawan PWI Lampung.

“Saya mohon izin dengan teman-teman semua. Dengan tagline merawat marwah wartawan, saya ingin membuka diri dengan wadah-wadah atau komunitas wartawan serupa untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kita sebagai wartawan,” jelas Pimum Lampung.Poskota.co.id ini.

Herman berkomitmen, jika dipercaya menjadi Ketua PWI Lampung ia akan terbuka bagi siapa pun untuk berdiskusi. Gedung PWI, kata dia, akan terbuka bagi insan pers yang ingin bergabung maupun berdiskusi.

“Apa pun wadah profesi kita, PWI milik wartawan, bukan milik sekelompok saja. Saya tidak pernah melihat teman-teman ini dari media mana atau organisasi apa. Intinya kita harus bersama saling asah dan asuh,” katanya.

Herman juga mengaku siap menjalankan profesi jurnalis sesuai dengan koridor apabila ia dipercaya pimpin PWI Lampung.

“Saya akan toleran dan demokratis dalam menyikapi dan memutuskan segala sesuatunya. Saya berharap PWI yang akan datang semakin tegak melangkah dengan martabatnya,” ujar Eks Pimred RMOLLampung ini.

Herman Batin Mangku mengawali karier jurnalistik sejak awal era 1990-an dengan menjadi wartawan di koran harian Lampung Post. Sebelum bergabung dengan Lampung Post, ia menjadi aktivis pers kampus Unila, Teknokra. Kepiawaiannya melukis membuat Ketua PWI Lampung yang juga bos Lampung Post pada masa itu, H. Solfian Ahmad, meminta Herman membuat karikatur Pak De – Pak Ho.

Meskipun begitu, ketika Hermansyah menjadi wartawan dan kemudian naik pangkat menjadi redaktur, tugas membuat karikatur Pak De – Pak Ho dilakukan oleh kartunis lain. Antara laun adalah Ketut Oktabayuna, Sofyan, Deny Rasyid Salam, dan terus berlanjut kepada kartunis lain yang kini masih bekerja di Lampung Post.

Hermanyah adalah sedikit dari wartawan senior di Lampung yang masih setia menekuni profesi sebagai wartawan.

  • Bagikan