Beranda News Lampung “Nyubuk” dalam Tradisi Lampung

“Nyubuk” dalam Tradisi Lampung

5084
BERBAGI
Tradisi Nyubuk di Lampung.

TERASLAMPUNG.COM — Lampung merupakan salah satu daerah yang memiliki berbagai macam budaya yang patut diperhitungkan baik secara nasional maupun internasional. Salah satu tradisi adat yang unik pada masyarakat Lampung Pepadun adalah tradisi nyubuk majeu. Perhelatan nyubuk majew atau meninjau calon pengantin atau pengantin wanita dengan cara menutup wajah menggunakan kain sarung.

Tradisi nyubuk majeu dapat diartikan salah satu proses dari keluarga yang ingin melihat secara langsung kondisi sang gadis arau pengantin setelah sebambangan (membawa lari gadis dengan maksud untuk dinikahi dan bisa dibenarkan secara adat jika ada kesepakatan dua belah pihak — Red.)  oleh mempelai pria atau sebelum dilakukan upacara adat.

Proses nyubuk biasanya dilakukan pada malam hari dan dilakukan oleh ibu-ibu dan/atau gadis. Pada melakukan proses “nyubuk majew”, setiap keluarga mempelai diharuskan memakai penutup wajah (sarung) yang hanya terlihat matanya saja (memang terlihat seperti ninja)

Perhelatan ini selalu menarik bagi masyarakat yang ingin melihat langsung salah satu tradisi masyarakat adat Lampung Pepadun. Tradisi ini biasanya hanya bisa dijumpai di daerah yang masih kental dengan budaya Lampung.***

Admi Syarif, dosen FISIP Universitas Lampung

Loading...