Oesman Sapta dan Nurhayati Assegaf akan Bersaing dalam Pemilihan Ketua MPR RI

  • Bagikan
Nurhayati Assegaf (dok).

JAKARTA, Teraslampung.com — Anggota  Dewan Perwakilan Daerah (DPD )  Oesman Sapta akan menjadi pesaing kuat Nurhayati Assegaf dari Partai Demokrat dalam pemilihan Ketua MPR RI yang akan digelar Selasa (7/10).

Oesman dicalonkan 67 dari 122 anggota DPD. Sedangkan Nurhayati didukung Partai Demokrat dan Koalisi Merah Putih.

“Dalam sidang paripurna MPR, akan kita bawa satu nama untuk mewakili DPR RI adalah Oesman Sapta,” kata pemimpin rapat paripurna DPD RI, Bambang Sadono SY , usai penghitungan suara untuk menentukan wakil DPD yang akan diusung sebagai calon ketua MPR, di Gedung DPD RI, Jakarta, Senin .(6/10).

Mantan fungsionaris Partai Gokar itu mengatakan, DPD akan  prioritaskan agar Oesman Sapta menjadi  pimpinan MPR RI,” tambah Bambang.

Menanggapi kemenangannya, Oesman Sapta, mengaku sudah siap. “Memang, sebelumnya, saya sudah siap di MPR, tapi dalam perjuangan, ada tahapan-tahapannya,” katanya,

Munculnya nama Nurhayati tidak lepas dari ‘lob-lob’ awal Koalisi Merah Putih (KMP) dengan Partai Demokrat saat pemilihan alat kelengkapan pimpinan DPR RI. Dalam pemilihan beberapa hari lalu, KMP dan Fraksi Demokrat berhasil bag-bagi jatah kursi pimpinan sehingga menyebabkan PDI dan koalisinya tidak mendapatkan jatah. Konsesi bergabungnya Demokrat ke KMP adalah dukungan KMP kepada Demokrat untuk menempatkan wakilnya sebagai ketua MPR RI,

Hingga Senin malam. wacana yang berkembang do Gedunf DPR-MPR, Senayang, Jakarta adalah sistem pemilihan ketua MPR yang akan digelar hari ini (7/10) dilakukan secara musyawarah – mufakat. Namun, sejauh ini tidak ada jaminan pemilihan musyawarah mufakat itu akan berlangsung mulus.

Bambang Satriaji

  • Bagikan