Beranda News Bandarlampung Operasi Ramadanya 2016, Polresta Akan Dirikan 10 Pospam dan Posyan

Operasi Ramadanya 2016, Polresta Akan Dirikan 10 Pospam dan Posyan

126
BERBAGI
Kasubag Humas Polresta Bandarlampung, AKP Titin Maezunah,

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Untuk memberikan pelayanan dan keamanan menjelang arus mudik dan arus balik lebaran 2016, Polresta Bandarlampung akan mendirikan 10 Pos Operasi Ramadanya 2016 yang berada di beberapa titik di Kota Tapis Berseri. 10 pos yang akan didirikan tersebut, Lima pos pengamanan (Pospam), empat pos pelayanan (Posyan) dan satu adalah pos terpadu.

Kasubag Humas Polresta Bandarlampung, AKP Titin Maezunah, mengatakan untuk memberikan pelayanan dan keamanan kepada para pengendara selama arus mudik dan arus balik lebaran, Polresta Bandarlampung akan mendirikan sembilan pos pengamanan (Pospam) dan pos pelayanan (Posyan) dalam Operasi Ramadanya 2016.

“10 Pos yang akan didirikan tersebut, disebar di beberapa titik di Kota Bandarlampung,”kata Titin kepada teraslampung.com, Sabtu (25/6/2015).

Titin mengutarakan, untuk pos pengamanan (Pospam) akan di tempatkan di lima titik, diantaranya Pospam Kemiling di Jalan Imam Bonjol (bekas Terminal Kemiling); Pospam Kali Balok di Jalan Soekarno Hatta-Jalan P Antasari; Pospam Tugu Radin Intan di Jalan Soekarno Hatta-Jalan Raya Natar; Pospam Bambu Kuning di Jalan Kartini dan Pospam Telukbetung Barat.

Sedangkan empat pos pelayanan (Posyan), kata Titin, pos tersebut akan di tempatkan di Posyan Terminal Induk Rajabasa; Posyan Sukamaju di Jalan RE Martadinata (dekat SPBU); Posyan Baruna Panjang di Jalan Soekarno Hata-Jalan Yos Sudarso dan Posyan Ramayana di Jalan Radin Intan.

“Untuk satu pos lagi, yakni pos terpadu ditempatkan di Bundaran Tugu Adipura. Sembilan pos tersebut, akan mulai dioperasikan pada H-7 hingga H+7 setelah lebaran,”terangnya.

Menurutnya, Pospam akan bertugas memantau jalur transportasi, kemacetan dan tindak kriminalitas. Sementara untuk Posyan, bertugas untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik baik itu mengenai kesehatan, laporan dan tempat untuk beristirahat serta lainnya.

“Setiap Pospam dan Posyan, rencanya akan ditempatkan sekitar 10 personel serta dibantu petugas dari TNI, Sat Pol PP, Dishub, Pramuka, tim medis dan instansi lainnya,”ujarnya.

Dikatakannya, didirikannya Pospam dan Posyan Ramadaniyah Polresta Bandarlampung mengacu pada telegram Kapolri No ST/1445/VI/2016 tanggal 13 Juni 2016 tentang giat operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Ramadanya 2016.

“Pada prinsipnya, kita siap untuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2016 ini. Untuk pengamanan, ada 715 personel gabungan yang diterjunkan yakni dari kepolisian bekerjasama dengan instansi lainnya,”jelasnya.

Meski pengamanan diperketat oleh petugas gabungan, Titin mengimbau, agar masyarakat meski harus tetap waspada terhadap peluang tindakan kejahatan dan gangguan keamanan.

“Kami berharap, seluruh lapisan masyarakat harus turut serta membantu petugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri nanti,” pungkasnya.