Beranda Hukum Kriminal Operasi Sikat, Polres Tanggamus Ungkap 18 Kasus dan Ringkus 26 Tersangka

Operasi Sikat, Polres Tanggamus Ungkap 18 Kasus dan Ringkus 26 Tersangka

466
BERBAGI
Waka Polres Tanggamus, Kompol Heti Patmawati (tengah) didampingi Kabag Ops, Kompol Bunyamin dan Kasat Reskrim, AKP Edi Qorinas saat press reles hasil ungkap kasus Operasi Sikat Krakatau 2020 di Mapolres Tanggamus, Selasa (1/9/2020). (foto: Dok Humas Polres Tanggamus)
Waka Polres Tanggamus, Kompol Heti Patmawati (tengah) didampingi Kabag Ops, Kompol Bunyamin dan Kasat Reskrim, AKP Edi Qorinas saat press reles hasil ungkap kasus Operasi Sikat Krakatau 2020 di Mapolres Tanggamus, Selasa (1/9/2020). (foto: Dok Humas Polres Tanggamus)

Zainal Asikin | Teraslampung.com

TANGGAMUS–Selama dua pekan digelarnya Operasi Sikat Krakatau (18-20 Agustus 2020), Polres Tanggamus beserta jajaran Polsek di Tanggamus mengungkap 18 kasus dan meringkus  26 tersangka dari berbagai kasus kejahatan.

Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, Waka Polres Tanggamus Kompol Heti Patmawati mengatakan pihaknya menerima sepucuk senjata api rakitan (senpira) dari tokoh masyarakat Kecamatan Gunung Alip.

“Selama pelaksanaan Operasi Sikat tersebut, ada 18 kasus yang diungkap dengan 26 tersangka yang ditangkap. Sedangkan untuk target Operasi Sikat sendiri, sebanyak 4 kasus serta menerima penyerahan satu senpi rakitan,”ujarnya dalam keterangan rilis yang diterima teraslampung.com, Selasa (1/9/2020).

Dari 18 kasus yang diungkap tersebut, kata Kompol Heti Patmawati, 10 kasus merukan kasus pencurian dengan pemberatan (curat) dengan 15 tersangka, 3 kasus pencurian dengan kekerasan (curas) dengan 4 tersangka dan 5 kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dengan 7 tersangka.

“Untuk barang bukti yang disita dari 18 kasus yang diungkap, yakni 4 bilah senjata tajam, satu pucuk senpi rakitan, 13 unit sepeda motor, satu unit mobil, 4 unit ponsel, 3 kunci letter T dan 7 barang bukti lainnya,”ungkapnya.

Mantan Kapolsek Kalianda Lampung Selatan ini mengutarakan, dalam Operasi Sikat Krakatau 2020 ini, terdapat dua kasus yang menonjol yakni kasus pencurian sepeda kayuh senilai Rp 3 juta yang dilakukan oknum ASN serta tigas kasus curanmor yang dilakukan oleh pemuda berusia 19 tahun bernama Irwanda.

“Oknum ASN yang diamankan tersebut, merupakan staff umum di salah satu SPLP wiayah Wonosobo. Sedangkan untuk tersangka Irwanda, meski usianya terbilang muda tapi sudah melakukan beberapa aksi pencurian sepeda motor di wilayah Kecamatan Semaka dan Wonosobo,”terangnya.

Dalam kesempatan itu, alumnus Akpol 2005 ini mengucapkan selamat kepada Tim khusus antibandit (Tekab) 308 Polres Tanggamus dan Jajaran yang telah berhasil mengungkap kasus tersebut. Terlebih lagi, pada 30 Agustus 2020 belum lama ini, Tekab 308 merayakan ulang tahun yang ke-5 dan juga tanggal 1 September 2020 ini merupakan hari lahir Polwan ke-72.

“Saya ucapkan selamat HUT ke-5 untuk Tekab 308 dan khususnya Tekab 308 Polres Tanggamus dan Jajaran Polsek, dan selamat untuk HUT Polwan ke-72,”sebut mantan Katim Patroli Polwan Kasie STNK Ditlantas Polda Lampung ini.

Kompol Heti Patmawati menambahkan, pihaknya juga berterima kasih kepada semua pihak, masyarakat yang telah bersinergi membantu kepolisian dalam membantu mengungkap kasus kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polres Tanggamus. Selain itu juga kepada awak media, yang selama telah bersinergi memberitakan pengungkapan kasus yang dilakukan Polres Tanggamus dan Jajaran.

“Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi dari semua pihak yang telah membantu kepolisian dalam pengungkapan kasus. Kami Polres Tanggamus tetap meminta jalin sinergitas, meningkatkan situasi Kamtibmas di Tanggamus lebih baik lagi dan aman,”pungkasnya.

 

Loading...