Beranda Pendidikan Orang Tua Perlu Waspada Jika Anaknya Mulai Pandai Main Game Online

Orang Tua Perlu Waspada Jika Anaknya Mulai Pandai Main Game Online

616
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Perkembangan teknologi yang pesat telah melahirkan berbagai jenis aplikasi yang sangat menarik di kalangan masyarakat baik itu di kalangan orang tua, remaja bahkan anak-anak.seperti yang kita ketahui banyak orang-orang berlomba-lomba dalam mengunduh aplikasi yang sangat populer dan menyita perhatian publik saat ini yang ini adalah game online .

Game online adalah permainan yang diprogram pada suatu perangkat yang dapat dijalankan secara offline maupun online. Dulu game online identik dengan komputer. Kini game online ini ada di telepon genggam.

Tidak hanya anak-anak dan remaja yang suka game online. Orang dewasa pun banyak yang suka game online. Salah satu alasannya adalah untuk mengisi waktu senggang atau mengisi hari yang kosong dan menghilang kan rasa jenuh.

Remaja dan anak-anak mendominasi pernainan game online. Mulai anak TK,SD,SMP, hingga SMA dan mahasiswa perguruan tinggi, kini banyak yang tergila-gila game onlineHal ini akan berdampak ke dalam psikologi anak dan prestasinya dalam belajar. Apa lagi pelajar TK dan SD yang sudah di perkenalkan oleh orangtua nya dengan gadget.

Game online bisa menyebabkan kecanduan atau ketagihan untuk selalu main dan main lagi. Sebab itu, orang tua harus berhati-hati ketika anaknya sudah mengenal game online lewat gadget. Jangan bangga dulu kalau anaknya sudah bisa bermain game online. Sebab, bisa jadi hal itu kelak akan berakibat buruk bagi anak. Terutama ketiga anak menjadi kecanduan game online.

Ketagihan bermain game online berdampak bagi segi akademis yang membuat anak menjadi malas belajar. Maka dari itu, orang tua harus lebih cermat dalam memberikan fasilitas bermain gadget kepada anak.

Dampak buruk lain dari game online bagi anak adalah terkait dengan moral anak dan perilaku sosial. Game online berpeluang menyebabkan anak menjadi egois, malas, kurang bergairah bermain di luar, pola makan menjadi buruk, dan sebagainya.

Bahkan, tak jarang karena kecanduan game online menyebabkan anak mencuri. Ini pula yang pernah dialami seorang ibu yang protes ke bank karena merasa tabungannua terkuras. Ternyata yang menguras adalah anaknya sendiri yang sudah kecanduan game online.

Selain dampak negatif, game online sebenarnua memiliki dampak positif yaitu seperti menambah teman, membuat pola pikir semakin cepat seperti dalam menentukan strategi dalam permainan, mengurangi stres,serta melatih kesabaran dan ketangkasan. Ada pula game yang mendidik dan menambah pengetahuan, menembangkan IQ anak, meningkatkan memori anak.

Karena ada dampak baik dan buruk, maka peran orangtua mengawasi anak dalam bermain gadget dan game online menjadi penting. Perlu kesadaran orang tua untuk tidak mengenali gadget kepada anak yang masih usia dini. Ketika anak sudah diperkenalkan dengan gadget maka orang tua harus mampu membatasi serta memberi waktu jadwal anak belajar, istirahat dan bermain game online.

Adista Birmang, mahasiswa Prodi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Loading...