Beranda News Lampung Organda Lampung Klaim 579 Bus Siap Angkut Pemudik Idul Fitri 2016

Organda Lampung Klaim 579 Bus Siap Angkut Pemudik Idul Fitri 2016

185
BERBAGI
Petugas Dinas Perhubungan Lampung melakukan uJi kelayakan bus angkotan mudik Idul Fitri. (ilustrasi)

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Organisasi Angkutan Darat (Organda) Lampung mengklaim ada sekitar 579 unit armada bus yang siap dioperasikaan sebagai angkutan mudik Idul Fitri  1437 H.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Lampung, I ketut Pasek, mengatakan 579 bus itu berasal dari 53 perusahaan otobus (PO) yang terdaftar di Organda Lampung.

Meskipun ada 579 bus, tetapi belum tentu semuanya layak menjadi angkutan mudik. Menurut Ketut, Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung yang memiliki kewenangan untuk melakukan pengecekan kendaraan tersebut laik atau tidak.

Dikatakannya, apabila nantinya ditemukan adanya bus yang tidak laik, itu merupakan kewenangan dari Dinas perhubungan (Dishub). Karena pihaknya sebagai Organda, tidak ada payung hukumnya memberikan sanksi dalam hal tersebut.

“Kami serahkan ke Dishub, apalagi Dishub sudah biasa dan matang mempersiapkan angkutan lebaran jelang arus mudik dan arus balik lebaran,”ungkapnya.

Menurutnya, bukan hanya saja angkutan lebaran saja yang dilakukan pemeriksaan oleh Dishub, melainkan para pengemudinya pun dilakukan pemeriksaan agar tidak terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Lampung, I ketut Pasek, mengatakan kepada para Pimpinan Perusahaan (Pimprus) otobus (PO) Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Lampung, agar serius dalam mempersiapkan armada angkutan lebaran tahun 2016.

Dikatakannya, berdasarkan hasil rapat yang telah dilakukan Organda seluruh Indonesia bersama Menteri Perhubungan beberapa waktu lalu, pihaknya menargetkan angkutan lebaran 2016 ini nihil kecelakaan (zero accident).

“Hasil rapat kami dengan Kemenhub, targetnya nihil kecelakaan (zero accident) angkutan mudik lebaran. Kami menghimbau, para pimpinan PO Lampung agar serius mempersiapkan angkutan lebaran nanti,”kata Ketut, Kamis (16/6/2016).

 

Loading...