Beranda Hukum Kriminal Otak Pencuri Sepeda Motor Asal Lampung Timur Tewas Ditembak Polisi

Otak Pencuri Sepeda Motor Asal Lampung Timur Tewas Ditembak Polisi

7748
BERBAGI
Suasana rumah duka Udin Muko (Foto: istimewa)

TERASLAMPUNG.COM — Tim Resmob Polresta Bandarlampung menembak mati Udin Muko (40) warga Desa Negara Batin, Jabung, Lampung Timur, karena diduga kuat menjadi otak pelaku pencurian sepeda motor (curanmor), di Jalan Mayor Sukardi Hamdani, Palapa 5, Kedaton, Bandarlampung, Sabtu (28/9).

Udin Muko menjadi salah satu residivis yang paling dicari Polresta Bandarlampung karena tercatat sebagai otak pelaku curanmor di 10 tempat kejadian perkara (TKP) di Bandarlampung dan Lampung Selatan. Menurut polisi, ia juga pernah beraksi di sejumlah TKP di Jabodetabek.

Kasatreskrim Polresta Bandarlampung Kompol Rossef Effendi mengatakan, Udin Muko ditembak petugas karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap di kawasan padat penduduk di Jalan Mayor Sukardi Hamdani, Bandarlampung.

“Petugas melakukan pengintaian selama dua minggu. Setelah lama dibuntuti barulah pada Sabtu (28/9) siang, petugas pihaknya melakukan penangkapan. Namun, saat akan ditangkap di Jalan Mayor Sukardi Hamdani, pelaku masih tetap berusaha melarikan diri dan masuk ke permukiman warga,” katanya, Sabtu (28/9/2019).

Menurut Kompol Rossef, saat dikejar dan masuk ke wilayah permukiman padat penduduk Udin Muko melawan petugas dengan melepasan tembakan ke  arah petugas polisi.

“Terpaksa petugas melakukan tindakan tegas dan terukur,”  katanya.

Menurut Rossef, Udin Muko merupakan salah satu otak sejumlah curanmor di wilayah Bandarlampung,  termasuk di Jatiagung, Natar, Merbau Mataram (Lampung Selatan).

“Ada sekitar 10 TKP (tempat kejadian perkara) yang dilakukan oleh Udin Muko ini,” kata Kompol Rossef.

Dalam catatan kepolisian, Udin Muko dikenal cukup licin dalam setiap gerak geriknya. Pada 2001, misalnya, Udin Muko pernah terlibat dalam aksi perusakan hingga pembakaran Kantor Mapolsek Jabung, Lampung Timur.

Menurut data di kepolisian Lampung, Udin Muko juga pernah melebarkan sayapnya untuk beraksi yaitu di ibu kota Jakarta dengan melakukan serangkaian aksi kriminal.

Pada tahun 2013, Udin Muko dijebloskan ke penjara setelah ditangkap massa dan nyaris tewas dihakimi massa ketika mencuri sepeda motor di salah satu rumah warga, di Kawasan Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat.

Adik kandung Udin Muko, Ha, beberapa tahun lalu juga tewas setelah diamuk massa di kawasan Bumiwaras Bandarlampung. Ha tewas setelah dihakimi warga yang memergoki dan mengejarnya hingga mengalami luka cukup serius. Nyawanya tak tertolong meskipun sempat dilarikan ke Rumah Sakit Abdul Moeloek Bandarlampung.

Kematian adik kandungnya justru makin menebalkan semangat Udin Muko untuk melakukan aksi pencurian sepeda motor di berbagai tempat di Lampung dan Jadebotabek.

 

Loading...