Beranda Hukum Korupsi OTT Bupati Hulu Sungai Tengah, KPK Amankan Rupiah dan Dolar Amerika

OTT Bupati Hulu Sungai Tengah, KPK Amankan Rupiah dan Dolar Amerika

118
BERBAGI
OTT Bupati Hulu Sungai Tengah, Kalsel (dok,jurnas.com)

TERASLAMPUNG.COM — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sejumlah uang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Hulu Sungai Tengah, Kalimanten Selatan, Abdul Latif. Uang yang ditemukan saat OTT itu berupa mata uang rupiah dan dollar Amerika Serikat.

Selain Abdul Latif, KPK juga menangkap lima orang lainnya.

“Ada dalam bentuk rupiah dan USD,” kata juru bicara KPK, Febri Diansyah, melaui pesan singkat, Jumat (5/1/2018) pagi.

Febri mengaku belum dapat memastikan berapa jumlah uang yang diamankan dalam OTT tersebut. Diduga suap tersebut terkait dengan ‎proyek pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Damanhuri, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.‎

“Sejauh ini tim juga masih lakukan perhitungan sejumlah uang yang diamankan di lokasi,” ujar Febri.

Selain uang, ‎Tim juga menemukan sejumlah catatan transfer antar-rekening bank.‎”Juga diamankan sejumlah catatan perbankan yang diduga digunakan sebagai sarana transaksi,” tutur Febri.‎

Latif yang juga Ketua DPW Partai Berkarya Kalimantan Selatan diamankan bersama Ketua Kamar Dagang Industri Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan H Fauzan, Direktur PT Sugriwa Agung, Abdul Basit; pejabat pembuat komitmen, Rudy Yushan; dan pengawas proyek, Tugiman. Kemudian seorang pengusaha bernama Donny yang ditangkap di Surabaya, Jawa Timur.

Keenam orang tersebut sudah berada di markas lembaga antikorupsi dan masih ‎menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik KPK. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status mereka.

“Dilakukan gelar perkara untuk menentukan status hukum mereka. Hasilnya direncanakan akan diumumkan siang ini,” tutur Febri.

sumber: jurnas.com