OTT Bupati Probolinggo, KPK Tetapkan 22 Tersangka

  • Bagikan
Wakil Ketua KPK Aleandera Marwata memaparkan hasil OTT KPK terhadap Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, Selasa pagi (31/8/2021).
Wakil Ketua KPK Aleandera Marwata memaparkan hasil OTT KPK terhadap Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, Selasa pagi (31/8/2021).

TERASLAMPUNG.COM — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  menetapkan 22 orang sebagai tersangka suap  jual-beli jabatan kepala desa atau kades di Kabupaten Probolinggo. Dari 22 orang tersanga, baru lima  orang yang ditahan oleh KPK.

Selain Bupati Probolinggo dan suaminya, Puput Tantriana Sari dan  Hasan Aminuddin (anggota DPR RI), para tersangka lain terdiri atas camat yang bertugas mengkoordinir uang dari para calon pejabat kepala desa, para calon pejabat kepala desa, dan ajudan Bupati Probolinggo.

“KPK menetapkan 22 orang tersangka dalam perkara ini,” kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, saat konfrensi pers di Gedung KPK, Selasa pagi (31/8/2021).

Menurut Marwata, hingga kini baru ada 5 orang tersangka yang berada di KPK. Alex menyebut kelima tersangka tersebut akan ditahan selama 20 hari ke depan. Para tersangka saat ini dilakukan penahanan rutan selama 20 hari pertama terhitung sejak tanggal 31 Agustus 2021 sampai dengan 19 September 2021.

Mereka adalah Hasan Aminuddin (anggota DPR RI dari Partai Nasdem) ditahan di Rutan KPK pada Kavling C1,  Puput Tantriana Sari (Bupati Probolinggo) ditahan di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih, Doddy Kurniawan (Camat Krejengan) ditahan di Rutan Polres Jakarta Pusat,  Muhammad Ridwan (Camat Paiton) ditahan di Rutan Polres Jakarta Selatan, dan SO ditahan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Alex meminta agar ke-17 tersangka lainnya untuk menyerahkan diri. Dia meminta agar tersangka yang belum ditahan bisa bersikap kooperatif.

“KPK menghimbau kepada para Tersangka lain untuk bersikap kooperatif mengikuti proses hukum yang saat ini sedang dilakukan oleh KPK,” ujarnya.

Berikut ini daftar tersangka suap jual beli jabatan kades Kabupaten Probolinggo:

Pemberi suap:

  1. Sumarto (ASN)
  2. Ali Wafa (ASN)
  3. Mawardi (ASN)
  4. Mashudi (ASN)
  5. Maliha (ASN)
  6.  Mohammad Bambang (ASN)
  7. Masruhen (ASN)
  8. Abdul Wafi (ASN)
  9. Kho’im (ASN)
  10. Ahkmad Saifullah (ASN)
  11. Jaelani (ASN)
  12. Uhar (ASN)
  13. Nurul Hadi (ASN)
  14. Nuruh Huda (ASN)
  15. Hasan (ASN)
  16. Sahir (ASN)
  17. Sugito (ASN)
  18.  Samsuddin (ASN)

Penerima Suap:

  1. Puput Tantriana Sari (Bupati Probolinggo)
  2. Hasan Aminuddin (Anggota DPR RI)
  3. Doddy Kurniawan (Camat Krejengan)
  4. Muhammad Ridwan (Camat Paiton)
  • Bagikan