Beranda Hukum Korupsi OTT di Indramayu: 8 Bulan Jadi Bupati, Supendi Ditangkap KPK

OTT di Indramayu: 8 Bulan Jadi Bupati, Supendi Ditangkap KPK

204
BERBAGI
Anna Sophanah dan Supendi. Pilkada Serentak 2015 Kabupaten Indramayu. Tvindramayu.com
Anna Sophanah dan Supendi. Pilkada Serentak 2015 Kabupaten Indramayu. Tvindramayu.com

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Indramayu Jawa Barat, Supendi, termasuk kepala daerah yang singkat alias hanya sebentar menikmati jabatan sebagai kepala daerah. Supendi dilantik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Bupati Indramayu pada  7 Februari 2019. Pada Selasa dini hari (15/10/2019), ia dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT).

Pria berusia 60 tahun itu dilantik sebagai Bupati Indramayu menggantikan Anna Sophanah yang mengundurkan diri pada 30 Oktober 2018. Istri mantan Bupati Indramayu, Irianto MS Syafiuddin, mengundurkan diri karena alasan keluarga.

Sebelumnya, seja 2010 Supendi menjadi Wakil Bupati Indramayu mendampingi Bupatii Anna Sophanah hingga 2015. Pasangan Anna Sophanah – Supendi kembali maju pada Pilkada 2015 dan kembali menang. Pasangan yang diusung PKS, Partai Demokrat,dan Gerindra itu kemudian dilantik sebagai bupati dan wakil Bupati Indramayu 2016-2021.

Menjelang diangkat menjadi bupati, Supendi sempat dijadikan Plt Bupati Indramayu. Setelah bekerja sendiri tanpa pendamping selama 6 bulan, kini Supendi didampingi Taufik Hidayat sebagai wakil bupati. Taufik dipilih oleh DPRD setempat dalam rapat paripurna pada Jumat, 9 Agustus 2019.

Dalam OTT, selain Supendi, KPK juga mengamankan empat orang lainnya yaitu pengusaha berinisial C, Staf Dinas PUPR, serta supir dan ajudan Supendi. Saat ini kelimanya telah dibawa ke Gedung KPK di Kuningan, Jakarta.

Supendi termasuk politikus yang meniti karier dari bawah. Sebelum menjadi politikus Golkar, ia tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab  Indramayu.

Jabatan yang pernah didudukinya anta lain Sekretaris Camat Kecamatan Gabus Wetan Cikedung pada 1989. Dia juga pernah menjabat Camat Kroya pada 1993-1998. Pada tahun 2000-2002, Supendi menjadi Kepala Bidang Bappeda, dan menjadi Kepala Kantor Pemuda Olahraga pada 2003. Supendi juga pernah menjadi Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aser Daerah.

Tempo | DBS

 

Loading...