Beranda News Pusiban “Pakde Intel”, Cara BNNP Lampung Ajak Masyarakat Turut Berantas Narkoba

“Pakde Intel”, Cara BNNP Lampung Ajak Masyarakat Turut Berantas Narkoba

184
BERBAGI
Kepala BNN Provinsi Lampung, Brigjen Pol Tagam Sinaga didampingi Plt Kabid Pemberantasan, Richard PL. Tobing (kiri) saat menunjukkan situs website 'Pakde Intel'.
Kepala BNN Provinsi Lampung, Brigjen Pol Tagam Sinaga didampingi Plt Kabid Pemberantasan, Richard PL. Tobing (kiri) saat menunjukkan situs website 'Pakde Intel'.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Peredaran narkoba di Lampung yang menjangkau segala kalangan, kini sudah sangat meresahkan. Untuk menangkal dan memberantas peredaran narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung mengajak masyarakat turut andil secara aktif.

Caranya: jika ada warga mengetahui atau melihat adanya informasi kejahatan narkotika di wilayah sekitar tempat tinggalnya, dia bisa menghubungi BNNP Lampung secara cepat dengan mengadukan secara online. Jadi tidak usah repot-repot datang ke Kantor BNNP Lampung.

Kepala BNNP Lampung, Brigjen Pol Tagam Sinaga mengatakan, demi terciptanya lampung bersih dari peredaran narkotika dana memberikan rasa aman terhadap masyarakat, pihaknya telah membuat sebuah terobosan baru dengan membuat program aplikasi data intelejent berupa website yang diberi nama ‘Pakde Intel’.

“Program “Pakde Intel” ini, merupakan terobosan baru dan salah satu wujud bentuk tanggungjawab BNNP Lampung memberikan rasa aman terhadap masyarakat Lampung terkait dengan peredaran narkoba,”ujarnya, Senin 16 Oktober 2018.

Program pengaduan yang telah diluncurkan tersebut, kata Jenderal bintang satu ini, bisa langsung dapat diakses oleh masyarakat baik itu menggunakan ponsel pintar (Android) dan juga perangkat komputer melalui website www.pakdeintel.com.

“Masyarakat yang mau mengadukan adanya kejahatan narkoba, baik itu bandarnya, pengedar dan juga pengguna di sekitar mereka tinggal bisa laporkan ke website ‘Pakde Intel’ ini. Caranya tinggal buka website www.pakdeintel.com lalu klik tombol lapor, disitu mengisi registrasi identitasnya dan mengisi terkait laporannya kemudian akan ditindaklanjuti,”ungkapnya.

Dikatakannya, mengenai kerahasiaan pelapor, dirinya menjamin penuh kerahasiaan dari pelapor tersebut, karena website ‘Pakde Intel’ ini hanya dapat diakses oleh satu orang petugas BNNP saja. Tagam menegaskan, untuk kerahasiaan pelapor tidak perlu diragukan lagi, karena adminnya cuma satu dan hanya dialah yang tahu mengenai identitas si pelapor tersebut.

“Jadi masyarakat tidak perlu takut dan khawatir, kami menjamin kerahasian identitasnya. Walaupun saya ini Kepala BNNP Lampung saja, tidak tahu mengenai siapa pelapor itu. Begitu juga dengan Kasi Intel, Kabid Pemberantasan dan anggota BNNP Lampung lainnya tidak akan tahu hal itu,”terangnya.

Tagam menambahkan, dengan diluncurkannya website ‘Pakde Intel’ ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk memberantas peredaran narkoba. Tapi hal ini juga perlu adanya dukungan dari masyarakat, agar para generasi penerus bangsa tidaklah rusak dan mati sia-sia akibat dari pengaruh narkotika karena ulah dari para pelaku bandar, kurir dan juga pengedar barang haram tersebut.

“Ya anggap saja website ‘Pakde Intel’ ini, merupakan sebuah kenang-kenangan dari saya maupun tim saat menjabat di BNNP Lampung. Jadi saya tegaskan lagi, masyarakat tidak perlu takut memberikan informasi adanya peredaran narkoba dan kerahasian pelapor dijamin tidak diketahui,”pungkasnya.

Loading...