PAN Lampura Buka Penjaringan Bakal Calon Wabup

  • Bagikan
Partai Amanat Nasional (PAN)

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Partai Amanat Nasional Lampung Utara menyampaikan akan segera melakukan penjaringan bakal calon wakil bupati. Rencana penjaringan ini dilakukan sebagai respon dari disahkannya peraturan tata tertib tentang pemilihan wakil bupati belum lama ini.

‎”Karena aturannya sudah disahkan maka kami akan adakan penjaringan bakal calon wakil bupati,” kata Ketua PAN Lampung Utara, Hamidi, Kamis (29/9/2021).

Hamidi mengatakan, penjaringan bakal calon ini ditujukan untuk mencari bakal calon yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan pemimpin saat ini. Dengan demikian, mereka akan dapat saling mendukung satu sama lain hingga akhir masa jabatan.

“Bakal calon harus dapat bekerja sama dengan pak bupati. Kalau tidak maka buat apa punya wakil karena hanya menghabiskan biaya percuma,” terangnya.

‎Ia menuturkan, siapapun bakal calon yang terpilih hasil penjaringan akan dibahas secara mendalam bersama rekan – rekan koalisi mereka. Pembahasan sama juga akan dilakukan oleh partai pengusung lainnya.

“Pembahasan ini sangat diperlukan supaya menghasilkan dua sosok terbaik ‎yang akan diusulkan untuk dipilih oleh pihak legislatif,” kata dia.

‎Langkah yang dilakukan oleh PAN ini sedikit berbeda dengan sikap Partai Gerindra Lampung Utara. Partai besutan Prabowo Subianto ini meminta pihak eksekutif maupun legislatif untuk memberitahukan secara resmi mengenai peraturan dan pembentukan Panitia Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Lampung Utara.

“Eloknya, partai politik diberitahukan secara resmi terkait telah disahkannya Peraturan ‎Tata Tertib DPRD tentang Pilwabup dan telah dibentuknya Panitia Pilwabup,” jelas Ketua Partai Gerindra Lampung Utara, Farouk Danial.

Sampai saat ini, mereka belum menerima pemberitahuan apapun seputar hal tersebut. Padahal, melalui pemberitahuan ini maka koalisi partai politik pengusung akan mendapat kepastian bahwa kabar pengesahan tata tertib dan panitia pemilihan itu memang benar adanya. Selama tiga hari ini, kabar tentang hal tersebut mereka dengar dari media massa dan bukannya langsung dari pihak terkait.

‎”Kalau sudah diberitahukan berarti kabar itu sudah resmi‎. Pemberitahuan itu bisa datang dari bupati atau langsung dari DPRD sendiri,” kata dia

Pengesahan Peraturan Tata Tertib Pilwabup Lampung Utara disahkan oleh pihak legislatif pada Rabu (22/9/2021). Sepekan setelahnya, pihak legislatif menindaklanjuti peraturan itu dengan pembentukan panitia Pilwabup.

Koalisi partai pengusung Bupati Budi Utomo sendiri terdiri dari Partai Gerindra, Partai Gerindra, PAN, PKS. ‎Keempat partai ini yang mengantarkan Budi Utomo yang kala itu berpasangan dengan Agung Ilmu Mangkunegara sebagai pemenang Pilkada tahun 2018 silam.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page