Beranda Pendidikan Pandemi Covid-19: Meski Terpuruk, Penyandang Disabilitas Tetap Berkreativitas

Pandemi Covid-19: Meski Terpuruk, Penyandang Disabilitas Tetap Berkreativitas

231
BERBAGI
Maya Juniart
Maya Juniart

TERASLAMPUNG.COM — Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) bersama dengan SNV menyelenggarakan webinar dengan tema “Peran Serta Penyandang Disabilitas dalam Penerapan PHBS untuk Pencegahan Covid-19”, Kamis (25/6/2020).

Maya Juniarti,  dari Himpunan Wanitas Disabilitas Indonesia, menjadi salah satu pembicara pada diskusi virtual itu.

Meskipun memiliki keterbatasan secara fisik, Maya Juniarti, alumni Politeknik Negeri Lampung, memiliki banyak prestasi dan kreativitas yang cukup tinggi. Maya dikenal sebagai penyandang tuna daksa yang memiliki usaha hidroponik sayuran. Ia juga menjadi penggerak petani muda di Kabupaten Lampung Barat.

Pada masa pandemi Covid-19, Maya terus beraktivitas dan melakukan kampanye tentang pentingnya penerapan hidup bersih dan sehat dan menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari Covid-19.

“Saat pandemi ini saya selalu berpikir positif dengan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat, saya isi hari-hari saya dengan bertani sayuran dengan teknik hidroponik. Selain itu, saya juga mengisi waktu dengan berkreasi bermain musik,” tutur Maya.

Dalam diskusi tersebut Maya mengungkapkan pengalamannya sebagai penyandang disabilitas tetap bisa produktif dan kreatif.

“Dengan mengubah pola pikir dan kebiasaan negatif, hambatan yang ada pada disabilitas akan menjadi suatu kreatifitas dan inovasi yang lebih bermanfaat,” katanya.

Loading...