Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pansus DPRD Lampung Utara Berikan 26 Catatan untuk LKPJ Bupati 2016

Pansus DPRD Lampung Utara Berikan 26 Catatan untuk LKPJ Bupati 2016

106
BERBAGI
Wakil Bupati Sri Widodo menerima berbagai rekomendasi hasil pembahasan Pansus LKPj Bupati 2016 dari Wakil Ketua DPRD, Nurdin Habim

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Panitia Khusus DPRD Lampung Utara memberikan sedikitnya 26 ‘catatan’ kepada Pemkab mengenai capaian kinerja mereka sepanjang tahun 2016 silam. Puluhan rekomendasi itu diharapkan dapat membuat kinerja Pemkab lebih maksimal di masa mendatang.

‎”Hasil pembahasan Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati 2016 terdapat banyak hal yang mesti disempurnakan oleh Pemkab di masa mendatang,” kata juru bicara Pansus, Agung Utomo dalam sidang paripurna LKPj Bupati, di gedung DPRD, Rabu (19/4/2017).

Pantauan Teraslampung.com, sidang paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua I, Nurdin Habim yang didampingi oleh Wakil Ketua II, M. Yusrizal dan Wakil Ketua III, Arnol Alam serta dihadiri tak kurang dari 32 anggota.

Berbagai saran atau masukan yang mereka berikan itu, menurut Agung, tujuannya semata – mata untuk menyempurnakan sejumlah kekurangan masih terjadi di lingkungan Pemkab pada tahun 2016 lalu. Ke-26 ‘catatan’ itu di antaranya, yakni Pemkab harus segera menindaklanjuti laporan Badan Pemeriksa Keuangan agar tidak menjadi ‘pengganggu’ dalam penilaian anggaran pada tahun 2017. Selanjutnya, mengoptimalkan jalinan komunikasi antara lembaga legislatif dan eksekutif. Lalu, mencarikan solusi tepat agar berbagai kendala dalam penyerapan anggaran dapat lebih maksimal.

“Kemudian, peningkatan kualitas pembangunan berikut regulasi yang mengatur tentang hal tersebut,” terangnya lagi.

Selanjutnya, terus dia lagi, perbaikan sarana dan prasarana sekolah supaya dapat sesuai dengan standar pelayanan minimum. Selama ini, sarana dan prasarana itu dianggap belum memenuhi standar. Lalu, langkah taktis Pemkab guna mengatasi keterlambatan suplai pupuk atau bibit kepada para petani yang kerap terjadi pada tahun lalu.

Selain menyoroti berbagai hal tersebut, Pansus juga menyoroti kebersihan Rumah Sakit Umum Ryacudu, peningkatan kualitas pelayan medis, pengelolaan tempat pengelolaan sampah, pemerataan guru – guru hingga ke pelosok desa, adanya pengawasan Alokasi Dana Desa dari instansi terkait supaya sesuai aturan, penetapan perizinan di desa yang banyak menyimpang dari aturan, dan penertiban terminal bayangan.

“Pansus juga meminta Pemkab mengevaluasi kontrak rekanan pengelola parkir di RSUR, dan meminta untuk setiap kepala instansi agar tak lagi mengirimkan wakilnya dalam setiap rapat di DPRD,” tegas dia.

Menyikapi berbagai rekomendasi itu, Wakil Bupati Sri Widodo menuturkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti berbagai rekomendasi yang telah dihasilkan Pansus LKPj. Karena, sejatinya, berbagai rekomendasi yang diberikan itu akan membuat segala kekurangan yang ada di pemerintahannya akan lebih sempurna di masa mendatang.

‎”Terima kasih kepada rekan – rekan Pansus atas rekomendasi yang telah diberikan. Kami akan segera melakukan perbaikan dan penyempurnaan sebagaimana yang diinginkan,” katanya.