Beranda Teras Berita Pantai Muara Gading Mas Menunggu Sentuhan Investor

Pantai Muara Gading Mas Menunggu Sentuhan Investor

1564
BERBAGI

Mashuri Abdullah/Teraslampung.com

Pantai Muara Gading Mas (Foto: Teraslampung.com/Mashuri)

LABUHAN MARINGGAI–Tidak banyak warga Lampung yang tahu keberadaan objek wisata Pantai Muara Gading Mas yang terletak di Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Secara tidak sengaja, teraslampung.com menyempatkan singgah di pantai ini.  Kesan yang didapatkan saat pertama kali mengunjungi pantai ini, sebenarnya pantai ini cukup indah.  Sayangnya objek wisata ini belum terkelola dengan baik, untuk menambah daya tariknya bagi wisatawan.

Secara administratif pantai ini terletak di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Objek Wisata ini berjarak 135 Km dari kota Bandarlampung jika di tempuh melewati kota Sukadana.  Sementara jaraknya dari kota Sukadana sekitar 40 km.  

Sebelum mencapai lokasi pantai ini, wisawatan dapat juga singgah di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) atau sekadar membeli camilan krupuk ikan yang banyak dijual di pinggir jalan.

Daya tarik objek wisata ini adalah keindahan pantai yang masih asri. Selain itu, kehidupan nelayan yang ada disekitar objek ini juga sangat menarik. Ekosistem hutan mangrove juga dapat dijadikan wisata edukatif yang dapat menarik wisatawan dari dunia pendidikan.

Pantai ini sangat potensial menggerakkan ekonomi masyarakat dari sektor wisata, jika saja  dapat dikembangkan lebih maksimal.  Terlebih bagi masyarakat Lamtim, objek wisata pantai ini bisa jadi merupakan satu-satunya di kabupaten ini.  

Fasilitas yang ada cukup memadai, tidak jauh berbeda dengan yang ditawrkan patai lain yang lebih bernama di Lampung lainnya. Namun, kendala utamanya adalah sarana jalan untuk mencapai pantai ini yang masih jelek. Sehingga wisatawan sulit untuk menjangkau objek wisata ini.   Promosi juga minim sehingga tidak banyak orang tahu keberadaan pantai ini.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini masih musiman. Biasanya wisatawan akan ramai pada Agustus dan Desember. Umumnya mereka adalah wisatawan domestik, yang memanfaatkan masa libur sekolah.  Pihak pengelola berharap, pemkab Lamtim dapat memberbaiki jalan menuju pantai ini, sehingga lebih banyak pengunjung yang datang.

Loading...