Pantau Sejumlah Gereja, Gubernur Imbau Umat Beragama di Lampung Terus Jaga Toleransi

  • Bagikan
Gubernur Lampung Ridho Ficardo memberikan keterangan kepada wartawan usai mengecek pelaksanaan misa Natal di Gereja Katedral Kristus Raja. Jl Kotaraja. Bandarlampung, Sabtu malam (24/12/2016)),

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan, kunjungannya di beberapa gereja di Bandarlampung untuk memastikan bahwa umat Kristiani di Lampung bisa merayakan Natal dengan aman dan damai, tanpa ada kendala apa pun.

Menurut Gubernur Ridho, kebebasan dalam menjalankan ibadah, toleransi beragama dan keanekaragaman, merupakan sebagai bukti salah satu bentuk dari kebhinekaan yang menyatukan bangsa. Hal tersebut, yang menjadi bingkai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Karena toleransi umat bergama inilah, sebagai bentuk kebhinikaan yang menyatukan bangsa kita Indonesia,” kata Ridho, saat diwawancari di sela-sela kunjungannya di Gereja Katedral Kristus Raja, Sabtu (24/12/2016) malam.

Dikatakannya, pihaknya bersama seluruh unsur jajaran Polri dan TNI dan pemerintah darah berharap dan memastikan, bahwa perayaan Natal dan Tahun Baru serta hari-hari besar keagamaan lainnya, berjalan dengan baik tanpa ada kendala gangguan kehidupan antar umat beragama, sosial kemasyarakatan dan pilar-pilar kebangsaan.

“Saya bersama unsur Forkopimda, bersama-sama punya kewajiban memberikan keteguhan, jaminan keamanan serta kenyamanan untuk seluruh umat beragama di Lampung,”ungkapnya.

Ridho menuturkan, seluruh elemen masyarakat Lampung, harus terus menjalin kekompakan pada setiap perayaan-perayaan keagamaan lainnya. Karena budaya kerukunan, harus terus dijaga dan dipertahankan.

“Kita semua terlibat dalam menjaga keamanan, nilai-nilai budaya yang ada di tanah Lampung ini tetap harus dipertahankan dan dijaga. Sebagai modal sosial dan kebanggan kita masyarakat Lampung,”pungkasnya

Pantauan teraslampung.com, dalam kunjungannya Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo didampingi langsung oleh Kapolda Lampung, Irjen Pol Sudjarno; Walikota Bandarlampung, Herman HN; Danrem 043 Gatam, Kolonel Kav Supriyatna; Danbrigif 3 Marinir Kolonel Maririr Hermanto; Kapolresta Bandarlampung AKBP Murbani Budi Pitono; Kabid Humas Polda LampungAKBP Sulistyaningsih, para pejabat utama Polda Lampung, dan unsur Forkopimda Lainnya.

Tujuan kunjungan tersebut adalah, untuk mengetahui kondisi dan situasi yang ada di lapangan mengenai kesiapan pengamanan dari sejumlah anggota Polri dan TNI serta instansi terkait lainnya yang bertugas melakukan pengamanan di setiap gereja di Kota Bandarlampung dalam gelar Operasi Lilin Krakatau 2016.

  • Bagikan