Pantauan Pascagempa, Belum Ada Laporan Kerusakan Akibat Gempa Tanggamus

  • Bagikan

Siswanto | Teraslampung.com

Tanggamus – Polres Tanggamus dan Polsek jajaran melakukan pemantauan wilayah pascagempa dengan magnitudo 5,5 di wilayah Tanggamus, Jumat petang (6/8/2021) pukul 18.08 WIB.

Kasubbag Humas Polres Tanggamus Iptu M. Yusuf mengatakan pihaknya telah memantau secara keseluruhan wilayah Tanggamus.

“Secara keseluruhan, situasi aman. Tidak ada laporan kerusakan,” kata Iptu M. Yusuf.

Iptu M. Yusuf menerangkan, berdasarkan pantauan, wilayah perairan tidak ada kondisi mencurigakan seperti Dermaga 2 Kota Agung di Kelurahan Pasar Madang, Pantai Saumil wilayah Polsek Wonosobo, pantai wilayah Pematang Sawa, Pantai Wilayah Limau dan Cukuy Balak.

“Pantauan petugas lapangan yang memeriksa kondisi pantai, seluruhnya dalam kondisi normal,” terangnya.

Iptu M. Yusuf mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik, tetap waspada, sambil menunggu petugas berwenang yang memberikan informasi.

“Kami imbau masyarakat tetap tenang, hingga saat ini Kabupaten Tanggamus aman dan kondusif,” tuturnya.

Sementara, menurut Roni, salah seorang buruh yang bekerja di pelabuhan dermaga 2 Kota Agung, ia mengaku merasakan adanya gempa namun tetap beraktifitas seperti biasa.

“Dari pagi sampai malam ini di sini. Saya merasakan ada gempa tadi waktu di warung. Guncangannya lumayan keras,” kata Roni.

Roni memastikan, pascagempa tidak ada kenaikan maupun penurunan air laut, semua tampak normal.

“Saya rasa 1 satu kali, cuma lama sekitar 5 detik. Tetapi laut juga normal jadi kami kerja seperti biasa,” tandas buruh angkut tersebut.

Untuk diketahui, guncangan gempa dirasakan di wilayah Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung bersamaan dengan waktu magrib,

Berdasarkan informasi, BMKG bahwa gempa berkekuatan Magnitudo :5.5 tepatnya 06-Agu-21 pukul 18:08:15 WIB , pusat gempa dengan Lokasi :6.43 LS 104.58 BT.

Pusat gempa berada ditengah laut, kedalaman 10 Km, dengan jarak 106 km Barat Daya dari Ibukota Tanggamus dengan. Dalam informasi BMKG itu disebutkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan informasi yang dihimpun gempa juga dirasakan masyarakat di wilayah Kabupaten Pringsewu, Bandar Lampung, Pesawaran hingga Pesisir Barat.

  • Bagikan