Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Para Anggota DRPD Lampura 2019-2024 akan Dijatah 10 Gram Pin Emas

Para Anggota DRPD Lampura 2019-2024 akan Dijatah 10 Gram Pin Emas

107
BERBAGI
Kantor DPRD Lampung Utara

TERASLAMPUNGF.COM, KOTABUMI — Kotabumi–‎Rencana pembelian pin emas seberat 10 gram untuk anggota DPRD Lampung Utara terpilih periode 2019-2024 berpotensi menimbulkan masalah. Alasannya, Badan Pemeriksa Keuangan dikabarkan telah mengeluarkan rekomendasi ke pelbagai daerah untuk tidak menggunakan pin emas.

Kalaupun masih tetap berkukuh untuk membelinya maka pin emas itu harus menjadi aset daerah atau wajib dikembalikan usai masa jabatan berakhir. “Larangan’ ini jugalah yang membuat DPRD Ponorogo dikabarkan mengurungkan niat untuk membeli pin emas seberat 5 gram untuk ke-45 anggota DPRD terpilih periode 2019-2024.‎ Padahal, mereka telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp147 juta untuk pembelian 45 pin emas seberat 5 gram.

Sayangnya, ‎Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD Lampung Utara, ‎M. Salahudin HS‎ saat dikonfirmasi terkait kabar adanya rekomendasi BPK tersebut mengaku belum mengetahuinya. Padahal, Sekretariat DPRD Lampung Utara dikabarkan akan kembali membeli pin emas seberat 10 gram untuk ke-45 anggota DPRD terpilih periode 2019-2024.

“Saya belum tahu rekomendasi BPK soal pelarangan pin emas itu,” kata dia, Rabu (7/8/2019).

Kendati demikian, ia langsung merespon informasi ini dengan menghubungi koleganya melalui ponselnya supaya dapat memastikan kebenaran adanya rekomendasi BPK tersebut.

Saat kembali ditanya apakah mereka akan membatalkan rencana pembelian pin emas yang akan diberikan kepada 45 anggota DPRD Lampung Utara terpilih periode 2019-2024 jika memang rekomendasi itu benar adanya, M. Salahudin HS terlihat ragu untuk memberikan komentar.

” Nantilah ya (menunggu kejelasan informasi terkait rekomendasi itu),” jelas dia.‎

‎Di sisi lain, Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Lampung Utara, Eka Dharma Tohir menuturkan, pin emas yang akan mereka beli itu akan diberikan kepada ke-45 anggota DPRD Lampung Utara terpilih periode 2019-2024. Pin emas yang akan dibeli itu memiliki berat 10 gram.

“(Pin emas) dengan berat 10 gram. Ini (Pin emas) akan disiapkan untuk anggota-anggota DPRD yang baru,” terang Eka Dharma Tohir.

Di samping aksesori pin emas, Sekretariat DPRD juga telah menyiapkan jatah tiga jenis pakaian dinas, yakni jas, pakaian safari lengan panjang dan pendek.

“Kalau jas kita memang sudah kita siapkan untuk pelantikan beserta aksesori lainnya seperti pin. Tapi, untuk 2 jenis pakaian lainnya, nantinya menunggu pembahasan dengan anggota DPRD terpilih,” tuturnya.

Jika dihitung – hitung maka total biaya yang dialokasikan untuk pembelian pin emas bagi ke-45 anggota wakil rakyat mencapai sekitar Rp292.500.000. Angka ini didapat berdasarkan perhitungan harga emas di pasaran yang saat ini mencapai Rp650.000/gram.

Feaby Handana

Loading...