Para Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Teladan Terima Penghargaan

Bagikan/Suka/Tweet:
Penyerahan penghargaan untuk para penyuluh teladan di GSG Unila, Kamis (26/11).

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Pemerintah Provinsi Lampung memberikan penghargaan kepada penyuluh teladan dan pelaku utama berprestasi tingkat Provinsi Lampung di sektor Pertanian, Perikanan dan Sektor Kehutanan Tahun 2015. Penyerahan penghargaan dilakukan  pada acara Temu Teknis Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Lampung di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung, Kamis (26/11/2015).

Juara pertama di Sektor Pertanian untuk kategori Penyuluh Pertanian PNS Teladan diraih oleh Fatimah Ali dari Lampung Utara, Kategori Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian Teladan diraih oleh Susetiowati dari Bandarlampung, Kategori Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan diraih oleh Nyoman Mawa dari Lampung Timur, Kategori Petani Berprestasi diraih oleh Kusnadi dari Pringsewu.

Selain itu, Kategori Gabungan Kelompok Tani Berprestasi diraih oleh Makmur Sejahtera dari Metro, Kategori Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi diraih oleh KWT Sekar Kantil dari Lampung Tengah dan Kategori Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Berprestasi diraih oleh BP3K Raman Utara dari Lampung Timur.

Sedangkan juara pertama untuk sektor Kehutanan diantaranya Kategori Penyuluhan Kehutanan PNS diraih oleh Kori Mulyani dari Lampung Selatan, Kategori Penyuluhan Kehutanan Swadaya Masyarakat diraih oleh Syaiful Anwar dari Lampung Timur dan Kategori Kelompok Tani Hutan diraih oleh Bakti Makmur X dari Tanggamus. Sedangkan Kategori SD/MI Pelaksana Program Kecil Menanam Dewasa Memanen diraih oleh SDN 1 Ganti Warno dari Lampung Timur dan Desa/Kelurahan Peduli Kehutanan diraih oleh Pekon Teratas dari Tanggamus.

Untuk sektor Perikanan Juara 1 Kategori Perikanan PNS Teladan diraih oleh Sutisna dari Lampung Selatan. Dalam laporan Ketua Panitia sekaligus Kepala Set. Bakorluh Provinsi Lampung Nasrizal Jalinus menjelaskan, para penyuluh di Sektor Pertanian, Perikanan dan Kehutanan di Provinsi Lampung terus melakukan program-program dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani di berbagai program-program dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani di berbagai sektor.

“Yang membanggakan di Kabupaten Lampung Tengah di Kecamatan Seputih Raman dan Kota Gajah yang menjadi sentra patin dengan hasil produksi 200juta ton perharinya”, jelasnya.

Sekda Provinsi Lampung Arinal Djunaidi mengatakan para penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan diminta lebih bekerja keras. Hal ini terkait  target  peningkatan produksi 7 (tujuh) komoditas pangan strategis nasional. Yaitu padi, jagung, kedelai, tebu/gula pasir, daging sapi, aneka cabai dan bawang merah.

“Para penyuluh diharapkan juga melakukan diseminasi dan upaya-upaya menerapkan teknologi anjuran baik untuk sektor pertanian, perikanan dan kehutanan serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak,” kata Arinal.

rl