Beranda Teras Berita Para Santri di Ponpes Sumenep Hari Ini Sudah Berpuasa Ramadhan

Para Santri di Ponpes Sumenep Hari Ini Sudah Berpuasa Ramadhan

174
BERBAGI
ilustrasi meneropong hilal

SUMENEP Teraslampung.com– Meskipun emerintah telah  menetapkan awal puasa Ramadhan pada Kamis (18/6), tetapi para santri di Pondok Pesantren Karay, Kecamatan Ganding, Sumanep, Madura ad yang telah memulai ibadah puasa pada Rabu (17/6) ini.

Menurut seorang santri di ponpes tersebut, dasar  penetapan awal puasa Ramadhan pada Rabu ini adalah dengan metode hisab dengan rujukan sejumlah kitab klasik seperti Durusul Falakiyah.

“Kami warga Pesantren Karay, termasuk para alumninya yang tersebar di seluruh Indonesia, taat pada ajaran sesepuh pesantren yang mendasarkan penetapan awal puasa Ramadhan bermetode hisab dengan merujuk sejumlah kitab klasik Durusl Falakiyah. Kami bukan melakukan pembangkangan pada penetapan pemerintah terkait awal puasa ini,” papar santri sennior itu, kepada sejumlah wartawan di Sumenep, Rabu (17/6).

Menurut santri itu, pesantrennya telah menggunakan metode Hisab tersebut sejak berdiri puluhan tahun yang lalu. Meski begitu, penetapan hisab ini hanya untuk kalangan sendiri dan bukan untuk umum.

“Kami juga mewanti-wanti kepada seluruh santri dan alumni agar tidak mengajak warga umum untuk melakoni penetapan awal puasa seperti versi kami,” ujarnya.

Loading...