Para Siswa Ini Siap Jadi Saksi Perkembangan Kota Metro

  • Bagikan
Dua siswa SMA/SMK Kota Metro belajar membuat blog. Siswa yang sudah bisa membuat blog mengajari siswa yang masih kesulitan membuat blog. Sistem pembelajaran teman sebaya (peer teaching) semacam ini juga layak dikembangkan di sekolah. (Foto: teraslampung.com)

METRO, Teraslampung.com–Sebanyak 20 siswa SMA/SMK di Kota Metro peserta Workshop Jurnalistik, 28-30 Oktober 2014, kini sudah memiliki blog sekaligus menjadi anggota grup ‘Pelajar Menulis Metro’. Mereka siap menulis di blog masing-masing dan mengembangkan ekstrakurikuler jurnalistik di sekolahnya.

“Sebelumnya, dari 20 peserta yang punya blog kurang dari 10 siswa. Dalam pelatihan kali ini mereka juga diajari membuat blog sehingga sekarang semua peserta memiliki blog. Pascapelatihan mereka akan terus diajari menulis oleh para mentor,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Metro, Rifian Hadi, M.Pd., Kamis (30/10).

Menurut Rifian, rata-rata peserta workshop sudah bisa menulis berita dan mengembanngkan tulisan, sehingga bisa mendukung untuk mengisi  blog. “Blog mereka nantinya juga akan bertautan dengan website yang kami buat (Dinas Pendidikan Metro), portal teraslampung.com, dan portal wartadidaktika.com, Mereka bisa menulis peristiwa apa pun yang terjadi di Metro.Mereka bisa menjadi pencatat atau saksi perkembangan Kota Metro,” kata Rifian.

Rifian mengatakan, para mentor tidak hanya membimbing peserta selama tiga hari workshop. Usai workshop, semua peserta juga mendapatkan bimbingan secara gratis sampai benar-benar bisa menulis.

Amelia, siswa SMKN 2 Metro yang menjadi peserta workshop mengaku senang bisa mendapatkan bimbingan secara gratis. Menurutnya, ia sekarang tidak hanya bisa menulis secara runtut, tetapi juga mulai bisa mengisi blog dan makin percaya diri menjadi pengelola media sekolah.

“Pengetahuan dan keterampilan saya makin baik. Saya dan teman-teman mendapatkan pengalaman baru yang tidak pernah kami dapatkan di sekolah,” kata dia.

Mas Alina Arifin

  • Bagikan